UPAYA PENINGKATAN PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI EDAMAME (Glycine max (L.) Merril) DENGAN PENGATURAN JARAK TANAM DAN WAKTU PEMANGKASAN PUCUK

Inne, Fahdawenni Taqwa (2020) UPAYA PENINGKATAN PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI EDAMAME (Glycine max (L.) Merril) DENGAN PENGATURAN JARAK TANAM DAN WAKTU PEMANGKASAN PUCUK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tanaman kedelai edamame (Glycine max (L.) Merril) merupakan salah satu jenis tanaman kacang-kacangan yang dapat digolongkan pada tanaman sayuran. Penelitian mengenai pengaturan jarak tanam dan waktu pemangkasan pucuk terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai edamame telah dilaksanakan di Kenagarian Tigo Baleh, Kelurahan Pakan Labuah, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Bukittinggi dari bulan Mei 2020 - Agustus 2020. Tujuannya adalah untuk mengetahui interaksi yang tepat antara pengaturan jarak tanam dan waktu pemangkasan pucuk terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai edamame. Penelitian ini merupakan percobaan faktorial dua arah dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK). Faktor pertama yaitu pengaturan jarak tanam yang terdiri dari dua taraf perlakuan (20 cm x 40 cm, 30 cm x 40 cm) dan faktor kedua yaitu waktu pemangkasan pucuk yang terdiri dari tiga taraf (tanpa pemangkasan, pemangkasan pada fase vegetatif V5, pemangkasan pada awal fase generatif R1). Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5%, apabila F hitung lebih besar dari F tabel maka dilanjutkan dengan uji Duncant's Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak adanya interaksi antara pengaturan jarak tanam dan waktu pemangkasan pucuk terhadap semua variabel pengamatan. Pengaturan jarak tanam memberikan pengaruh terhadap hasil polong per plot dan per hektar. Sedangkan pengaturan waktu pemangkasan pucuk memberikan pengaruh terhadap jumlah cabang primer, jumlah stomata pada permukaan bawah daun, jumlah polong per tanaman, bobot polong per tanaman dan bobot 100 biji. Jarak tanam 20 cm x 40 cm dan pemangkasan pucuk pada awal fase generatif R1 merupakan perlakuan yang terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Irawati, M.Rur.Sc. PhD
Uncontrolled Keywords: Kedelai, jarak tanam, pemangkasan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:35
Last Modified: 19 Feb 2021 02:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67929

Actions (login required)

View Item View Item