VIOLA, MAYA OCTARI (2013) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Fulltext)
2638.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
Abstract
Rumah sakit yang merupakan salah satu ujung tombak dalam pembangunan kesehatan masyarakat dan merupakan tumpuan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan yang baik dan optimal, namun pada kenyataannya selama ini banyak keluhan yang diarahkan pada kualitas pelayanan rumah sakit itu sendiri, terutama bagi rumah sakit pemerintah daerah atau rumah sakit milik pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung Kabupaten Agam. Penelitian ini didasarkan pada teori metode SERVQUAL dengan menggunakan dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung Kabupaten Agam. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 80 orang dan metode yang digunakan adalah incidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, dimana X menunjuk pada variabel kualitas pelayanan dan Y menunjuk pada variabel kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung Kabupaten Agam. Hal ini dibuktikan dengan uji F dimana nilai signifikansinya 0,000. Koefisien determinasi ditunjukkan oleh R Square adalah 0,844 yang berarti besarnya sumbangan pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Lubuk Basung sebesar 84,40% dan sisanya 15,60% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini. Kata kunci: kualitas pelayanan dan kepuasan pasien
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | mrs Rahmadeli rahmadeli |
Date Deposited: | 03 May 2016 03:58 |
Last Modified: | 03 May 2016 04:00 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/6792 |
Actions (login required)
View Item |