ANALISIS SIMULASI PERFORMANSI DALAM DOMAIN WAKTU UNTUK PENGENDALIAN FREKUENSI SISTEM TENAGA LISTRIK (MODEL REHEAT, NON – REHEAT DAN HIDRO TURBIN)

AULIA, RAHMA PUTRI (2020) ANALISIS SIMULASI PERFORMANSI DALAM DOMAIN WAKTU UNTUK PENGENDALIAN FREKUENSI SISTEM TENAGA LISTRIK (MODEL REHEAT, NON – REHEAT DAN HIDRO TURBIN). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
TUGAS AKHIR FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perubahan beban pada sistem tenaga dapat menyebabkan terjadinya kenaikan atau penurunan frekuensi sistem. Untuk mempertahankan frekuensi tetap dalam batas toleransi maka dibutuhkan sistem pengendali frekuensi yang dikenal dengan Load Frequency Control (LFC). Pada penelitian ini disimulasikan LFC pada model turbin reheat, non – reheat dan hidraulik dengan tujuh jenis pengendali yaitu proporsional, integral, proporsional integral, proporsional diferensial, proporsional integral diferensial, proporsional diferensial dengan filter dan proporsional integral diferensial dengan filter. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisa simulasi dengan memodelkan governor, turbin, beban dan LFC menggunakan perangkat lunak Matlab. Analisa sistem kendali frekuensi menggunakan enam parameter kriteria perancangan yaitu kesalahan keadaan mantap, waktu naik, waktu puncak, waktu keadaan mantap, nilai puncak dan lewatan maksimum. Masing – masing pengendali mempunyai nilai parameter perancangan yang berbeda yang ditentukan dari nilai simulasi tanpa pengendali untuk setiap turbin. Hasil yang diperoleh dari analisa simulasi sistem kendali frekuensi untuk turbin reheat jenis pengendali proporsional, integral, proporsional integral, porporsional integral diferensial, proporsional diferensial dengan filter dan proporsional integral diferensial dengan filter terdapat beberapa parameter yang tidak memenuhi kriteria. Untuk turbin non – reheat dari tujuh jenis pengendali yang memenuhi hanya dua jenis pengendali. Sedangkan turbin hidraulik hanya satu jenis pengendali yang memenuhi kriteria perancangan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan tipe turbin reheat yang memenuhi kriteria perancangan adalah pengendali proporsional diferensial. Untuk tipe turbin non – reheat yang memenuhi kriteria perancangan adalah proporsional integral diferensial dan proporsional integral diferensial dengan filter. Pengendali jenis proporsional diferensial dengan filter dapat digunakan untuk turbin hidraulik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: HERU DIBYO LAKSONO,MT
Uncontrolled Keywords: governor, LFC, reheat, non – reheat, hidraulik, proporsional integral diferensial dengan filter
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 20 Jan 2021 03:40
Last Modified: 20 Jan 2021 03:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67799

Actions (login required)

View Item View Item