FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENJAMAH MAKANAN DALAM PENERAPAN HIGIENE SANITASI MAKANAN DI RUMAH MAKAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG PASIR KOTA PADANG TAHUN 2020

Rifqi, Alkatri (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENJAMAH MAKANAN DALAM PENERAPAN HIGIENE SANITASI MAKANAN DI RUMAH MAKAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG PASIR KOTA PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK Rifqi Alkatri.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN Rifqi Alkatri.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN Rifqi Alkatri.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Rifqi Alkatri.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Full Text Rifqi Alkatri 1611211029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Berdasarkan data World Health Organization tahun 2016 tentang beban food borne disease di Asia Tenggara mencapai 150 juta kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku penjamah makanan dalam penerapan higiene sanitasi makan di rumah makan wilayah kerja Puskesmas Padang Pasir kota padang 2020 Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional dan dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Pasir Kota Padang pada bulan Juli 2020, dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang yang diambil dengan menggunakan teknik proportional sampling. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-square dengan derajat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 54% penjamah makanan memiliki penerapan higiene sanitasi makanan yang baik, 52% memiliki pengetahuan baik dan 54% memiliki sikap baik. Berdasarkan analisis bivariat menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan (p=0,011) dengan perilaku penjamah makanan dalam penerapan higiene sanitasi makanan. Tidak terdapat hubungan antara sikap (p=0,096) dengan perilaku penjamah makanan dalam penerapan higiene sanitasi makanan. Kesimpulan Variabel yang berhubungan dengan perilaku penjamah makanan adalah pengetahuan. Disarankan bagi pedagang agar meningkatkan kualitas higiene perorangan serta menyediakan fasilitas tempat cuci tangan dengan air mengalir dan bagi Puskesmas Padang Pasir agar dapat melakukan promosi kesehatan dan inspeksi kesehatan lingkungan pada pemilik rumah makan di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Pasir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aria Gusti, SKM., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Higiene Sanitasi Makanan, Makanan Jajanan Penjamah Makanan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 14 Jan 2021 08:15
Last Modified: 14 Jan 2021 08:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67798

Actions (login required)

View Item View Item