IMPLEMENTASI INTERNATIONAL SHIP AND PORT FACILITY SECURITY (ISPS) CODE DALAM KETENTUAN HUKUM NASIONAL DI INDONESIA Studi Kasus di Belawan International Container Terminal (BICT)

Livia, Zulmarni (2020) IMPLEMENTASI INTERNATIONAL SHIP AND PORT FACILITY SECURITY (ISPS) CODE DALAM KETENTUAN HUKUM NASIONAL DI INDONESIA Studi Kasus di Belawan International Container Terminal (BICT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Transportasi laut mempunyai peranan penting bagi masyarakat, ekonomi, pertahanan, dan keamanan suatu negara. Pada saat ini transportasi laut tidak hanya menjadi penghubung antar daerah dalam suatu negara saja, tetapi juga dapat menjadi moda transportasi yang menghubungkan antar negara sehingga menjadi salah satu sarana penghubung dalam membangun hubungan kerjasama internasional. Hal ini pun mengakibatkan meningkatnya pelayaran internasional. Rawannya terjadi tindakan yang mengancam keselamatan dan keamanan pelayaran, menyebabkan IMO menetapkan International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code. Kode internasional ini bertujuaan untuk mendeteksi ancaman keamanan serta menetapkan langkah untuk mencegah terjadinya insiden keamanan di kapal dan pelabuhan. Meski Indonesia telah memberlakukan ISPS Code, tetapi pelaksanaan ISPS Code belum merata karena masih adanya terjadi insiden keamanan di beberapa pelabuhan. Dalam tulisan ini, penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan bersifat normatif yaitu penelitian dengan cara mengumpulkan data-data sekunder. Dalam tulisan ini, penulis membahas mengenai pengaturan keamanan pelabuhan dalam ISPS Code, pelaksanaan ISPS Code dalam ketentuan hukum nasional di Indonesia, serta manfaat ISPS Code bagi pengguna jasa pelabuhan. Aturan hukum nasional mengenai pelabuhan terdapat dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dan pemberlakuan ISPS Code di Indonesia terdapat dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 33 Tahun 2003 tentang Pemberlakuan Amandemen SOLAS 1974 tentang Keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan (International Ship and Port facility security / ISPS Code) di Wilayah Indonesia, serta pedoman pelaksanaan ISPS Code di Indonesia terdapat dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 134 Tahun 2016 tentang Manajemen Keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan. Kata kunci: International Ship and Port Facility Code, Keamanan Maritim, Hukum Maritim

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sukanda Husin, S.H., LL.M
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:37
Last Modified: 15 Jan 2021 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67781

Actions (login required)

View Item View Item