PERILAKU KOMUNIKASI KOMUNITAS PASAR MALAM (Studi Deskriptif pada Kelompok Pasar Malam Bina Persada)

SUCI, BUDIYANTI (2015) PERILAKU KOMUNIKASI KOMUNITAS PASAR MALAM (Studi Deskriptif pada Kelompok Pasar Malam Bina Persada). Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201508232135rd_skripsi sucibyt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)

Abstract

Pasar malam adalah salah satu tempat hiburan dengan berbagai wahana yang dibuka pada malam hari. Pasar malam Bina Persada adalah satu dari beberapa pasar malam yang terdapat di kota Padang yang berpindah-pindah lokasi dalam jangka waktu tertentu. Pasar malam Bina Persada merupakan pasar malam yang besar di kota Padang dengan wahana yang lebih lengkap dibandingkan pasar malam lainnya dan jumlah pekerja yang lebih banyak. Dengan sistim berpindahpindah yang dilakukan pasar malam maka pekerja pasar malam juga ikut berpindah-pindah dan tinggal di lokasi pasar malam di dalam tenda dan stand yang berada dalam lapangan. Sehingga antar sesama pekerja terdapat kedekat an dan di dalam kelompok terdapat rutinitas dan kebiasaan tertentu. Tujuan dari penelit ian ini adalah untuk mengetahui perilaku komunikasi komunitas pasar malam Bina Persada yang hidup berpindah-pindah, baik perilaku komunikasi di dalam maupun di luar kelompok dalam bentuk verbal dan nonverbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitat if dengan menggunakan teori Manajemen Komunikasi Michael Kaye untuk menganalisa permasalahan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data dalam penelit ian ini digunakan triangulasi metode. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa perilaku komunikasi pekerja pasar malam berbeda-beda. Perbedaan perilaku komunikasi ini dipengaruhi oleh perbedaan kemampuan pekerja dalam mengelola proses komunikasi yang disebabkan oleh perbedaan latar belakang pendidikan dan pengalaman dalam berkomunikasi. Perilaku komunikasi verbal pekerja pasar malam dilihat dari bahasa, sedangkan perilaku nonverbal terlihat dari bahasa tubuh, penampilan fisik, dan intonasi suara. Kata Kunci : Manajemen Komunikasi, Pasar Malam, Perilaku Komunikasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ms Ikmal Fitriyani Alfiah
Date Deposited: 05 Feb 2016 06:53
Last Modified: 05 Feb 2016 06:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item