Farah Fadhilla, Efriandini (2020) PELAYANAN ADMINISTRATIF PADA NAGARI PERSIAPAN TANJUNG BERINGIN UTARA KECAMATAN LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (215kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (460kB) |
|
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (266kB) |
|
Text (Skripsi Full text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang efektif dan efisien, Pemerintah Kabupaten Pasaman melakukan penataan daerah dalam bentuk pemekaran nagari. Pemekaran nagari di Pasaman berlandaskan pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa, dan Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Nomor 1 tahun 2017 tentang Nagari. Pemekaran Nagari di Kabupaten Pasaman menghasilkan 25 nagari baru dengan status Nagari Persiapan. Maka menjadi menarik diteliti apakah pemekaran nagari melalui nagari persiapan dapat mencapai tujuan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: a. Bagaimana standar pelayanan administratif di Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara, dan b. Bagaimana Pelaksanaan pelayanan administratif di Nagari Periapan Tanjung Beringin Utara. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis yang menggunakan pendekatan yuridis empiris, dengan mengumpulkan data yang bersumber dari penelitian kepustaan dan penelitian lapangan. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan telaah pustaka yang kemudian diolah dan dituangkan ke dalam bentuk skripsi yang sistematis dan deskriptif. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa pertama Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara yang merupakan nagari hasil pemekaran, belum menyusun dan mempublikasikan standar pelayanan kepada masyarakat dan yang kedua pemekaran nagari memberikan dampak meningkatnya kualitas pelayanan yang diperoleh oleh masyarakat karena masyarakat lebih mudah untuk menjangkau akses ke kantor wali nagari, dan dengan adanya pemekaran pelayanan lebih cepat karena masyarakat yang dilayani lebih sedikit. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara telah melakukan Inovasi berbentuk Pelayanan berbasis digital terhadap masyarakat. Namun, sebagai penyelenggara pelayanan masih banyak yang harus dipersiapkan secara matang oleh Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara terutama menetapkan dan mempublikasikan standar pelayanan sebagai jaminan hak dan kewajiban bagi masyarakat sebagai penerima pelayanan dan pedoman bagi Pemerintah Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara sebagai penyelenggara pelayanan. Kata Kunci : Pemekaran, Nagari, Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Yuslim, S.H., M.H |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 15 Jan 2021 03:55 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 03:55 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67517 |
Actions (login required)
View Item |