KEWENANGAN KEJAKSAAN NEGERI DALAM PEMBUBARAN PERSEROAN TERBATAS MENURUT UNDANG-UNDANG (Studi Kasus PT. Harapan Indah Jaya)

Rafif, Wafi (2020) KEWENANGAN KEJAKSAAN NEGERI DALAM PEMBUBARAN PERSEROAN TERBATAS MENURUT UNDANG-UNDANG (Studi Kasus PT. Harapan Indah Jaya). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kejaksaan Republik Indonesia dapat memiliki kewenangan lain berdasarkan Pasal 32 Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 Tentang Kejaksaan Republik Indonesia mengatur bahwa di samping tugas dan wewenang tersebut dalam Undang-Undang ini, Kejaksaaan dapat diserahi tugas dan wewenang lain berdasarkan undang-undang. Adapun salah satu tugas dan wewenang lain Kejaksaan yang diatur oleh undang-undang adalah mengajukan permohonan untuk membubarkan Perseroan kepada Pengadilan Negeri sebagaimana diatur dalam Pasal 146 ayat (1) huruf a UU PT, Kejaksaan dalam mengajukan permohonan pembubaran Perseroan Terbatas hanya dengan alasan melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan atau melanggar kepentingan umum, namun di dalam UU PT tidak memberikan definisi tentang kepentingan umum yang dimaksud sehingga juga memberikan ketidakjelasan batasan terhadap alasan kepentingan umum yang digunakan oleh Kejaksaan, dan dalam hal ini Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur telah mengajukan permohonan pembubaran PT. Harapan Indah Jaya dengan alasan melanggar kepentingan umum dan peraturan perundang-undangan. Penelitian ini mengkaji definisi kepentingan umum yang digunakan oleh Kejaksaan dalam mengajukan permohonan pembubaran Perseroan Terbatas dengan alasan melanggar kepentingan umum serta mengkaji dasar Kejaksaan Negeri Kotawaringin mengajukan permohonan pembubaran PT. Harapan Indah Jaya. Berdasarkan permasalahan di atas maka rumusan masalah pada penelitian adalah sebagai berikut: (1) Apa dasar kewenangan dan alasan Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur dalam mengajukan pembubaran PT. Harapan Indah Jaya? (2) Bagaimana pertimbangan hakim dalam penetapan pembubaran PT.Harapan Indah Jaya? (3) Bagaimana akibat hukum dari adanya penetapan pengadilan tentang pembubaran PT. Harapan Indah Jaya? Adapun metode penelitian dalam penelitian ini adalah yuridis normatif yang bersifat deskriptif, sumber data didapatkan oleh penulis melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Kata Kunci : Kepentingan Umum, Kejaksaan, Pembubaran Perseroan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hj. Ulfanora, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 13 Jan 2021 07:52
Last Modified: 13 Jan 2021 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67461

Actions (login required)

View Item View Item