PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMENANG LELANG HAK TANGGUNGAN SEBAGAI PEMBELI BERITIKAD BAIK DALAM MENGUASAI OBJEK HAK TANGGUNGAN (Studi Putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru Nomor 285/Pdt.G/2017/PN.Pbr)

Utari, Andini (2020) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMENANG LELANG HAK TANGGUNGAN SEBAGAI PEMBELI BERITIKAD BAIK DALAM MENGUASAI OBJEK HAK TANGGUNGAN (Studi Putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru Nomor 285/Pdt.G/2017/PN.Pbr). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)

Abstract

Perlindungan hukum terhadap pemenang lelang berarti adanya kepastian hukum hak pemenang lelang atas objek yang dibelinya melalui lelang. Dalam proses lelang yang telah dilakukan akan menimbulkan akibat hukum yaitu peralihan hak objek lelang dari penjual kepada pemenang lelang. Dalam peralihan hak objek lelang ternyata menimbulkan permasalahan, seperti tidak dapat dikuasainya objek lelang oleh pemenang lelang. Perlindungan hukum diberikan kepada pemenang lelang yang beritikad baik dalam mengikuti proses lelang yang di selenggarakan oleh KPKNL tanpa menyalahi aturan hukum yang berlaku. Masalah yang ditemukan salah satunya terdapat pada Putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru Nomor 285/Pdt.G/2017/PN.Pbr yaitu dimana Pemenang lelang hak tanggungan tidak bisa menguasai objeknya. Berdasarkan uraian diatas rumusan masalah yang akan diteliti yaitu: 1) Apa kriteria pemenang lelang hak tanggungan yang beritikad baik?; 2) Bagaimana Perlindungan hukum yang diberikan kepada pemenang lelang yang tidak bisa menguasai objek?; 3) Apa kendala dan solusi agar pemenang lelang dapat menguasai Hak Tanggungan dan memiliki peralihan Hak milik?. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, dengan sifat deskriptif menggunakan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumen dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Kriteria pemenang lelang yang beritikad baik yang dikaitkan dengan penguasaan objek Hak Tanggungan yaitu pemenang lelang harus mengetahui syarat-syarat pembelian serta peralihan dari objeknya, serta mengikuti prosedur lelang tanpa menyalahi hukum.; 2) Perlindungan hukum bagi pemenang lelang eksekusi hak tanggungan diatur secara preventif dan represif.; 3) Kendala yang dihadapi adalah objek lelang tidak bisa dikuasai oleh pemenang lelang, Upaya yang bisa dilakukan oleh pemenang lelang yaitu diatur dalam Pasal 200 ayat (11) HIR tentang eksekusi pengosongan objek lelang melalui eksekusi riil. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Lelang Hak Tanggungan, Itikad Baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hj. Zahara, S.H, M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:41
Last Modified: 07 Jan 2021 04:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67379

Actions (login required)

View Item View Item