Pengembangan Metode Penetapan Kadar, Keseragaman Kandungan dan Uji Disolusi Flunarizin HCl dalam Sediaan Tablet beserta Validasinya

Fitra, Yelli (2020) Pengembangan Metode Penetapan Kadar, Keseragaman Kandungan dan Uji Disolusi Flunarizin HCl dalam Sediaan Tablet beserta Validasinya. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover sampai abstrak.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Pendahuluan)
2. Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Kesimpulan)
3. Bab Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (473kB)
[img] Text (Tesis Full)
5. Tesis Utuh Full Text dan Turnitin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (50MB)

Abstract

Flunarizin HCl merupakan antivertigo, anti migraine dan terapi tambahan dalam epilepsi yang umumnya beredar di Indonesia dalam bentuk sediaan tablet. Monografi yang ada dalam pustaka standar adalah dalam bentuk sediaan kapsul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode analisa flunarizin HCl dalam tablet meliputi penetapan kadar, keseragaman kandungan dan uji disolusinya. Pengembangan metode penetapan kadar dan keseragaman kandungan dilakukan secara KCKT dengan modifikasi metode dalam Farmakope China 2010 untuk bentuk sediaan kapsul. Metode disolusi dikembangkan melalui pendekatan uji kelarutan flunarizin HCl dan profil disolusi 3 sediaan tablet yang beredar dipasaran dalam 3 media menggunakan peralatan keranjang dan dayung dengan 3 kecepatan agitasi. Metode disolusi terbaik kemudian dipilih berdasarkan kemampuannya dalam membedakan profil disolusi berbagai produk dan kemudian divalidasi. Pengembangan metode penetapan kadar dan keseragaman kandungan flunarizin HCl dalam tablet berhasil dilakukan secara KCKT menggunakan kolom C18 5 m (4,6 x 150) mm, campuran metanol dan dapar fosfat-trietilamin pH 3,5 dengan perbandingan (75 : 25) sebagai fase gerak pada laju alir 1 mL/ menit menggunakan detektor UV pada 253 nm. Pengembangan metode disolusi menunjukkan bahwa metode peralatan tipe 2 (dayung) pada 50 RPM menggunakan media HCl 0,1 N adalah yang terbaik sebagai pembeda dengan nilai Q ≥ 75%. Validasi penetapan kadar dan disolusi flunarizin HCl dalam tablet menunjukkan bahwa metode tersebut memenuhi syarat keberterimaan suatu metode yang valid, akurat dan spesifik sehingga dapat diusulkan sebagai metode pengujian rutin untuk mengawasi tablet flunarizin HCl yang beredar di pasaran Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Henny Lucida, Apt
Uncontrolled Keywords: KCKT, kelarutan, hyper-discriminating, metode disolusi, profil disolusi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:07
Last Modified: 13 Jan 2021 04:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67374

Actions (login required)

View Item View Item