ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA DI AREA BETON CETAK PT IGASAR

Pratama Rizky, Putra ananda (2020) ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA DI AREA BETON CETAK PT IGASAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
9. BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (dapus)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
TA_Pratama Rizky.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PT IGASAR mememiliki beberapa faktor yang memiliki potensi kecelakaan kerja, seperti pada area beton cetak terdapat atap pabrik ada yang roboh, air yang tergenang hampir di seluruh area kerja, dan tingkat kesadaran dari tenaga kerja untuk menggunakan alat pelindung diri yang masih kurang. Berdasarkan uraian tersebut penulis melakukan pembahasan studi terkait tingkat potensi risiko yang terdapat di area beton cetak PT IGASAR, hal ini bertujuan untuk menghindari kerugian yang dapat terjadi khusunya untuk perusahaan dan tenaga kerja dari PT IGASAR. Metode yang digunakan ialah Hazard identification risk assessment (HIRA) untuk melihat tingkat potensi bahaya yang ada serta metode Fault Tree Analysis (FTA) untuk mengetahui penyebab dari temuan bahaya yang ada di area beton cetak PT IGASAR. Terdapat 6 temuan bahaya di area beton cetak, diantaranya terdapat 8 potensi risiko bahaya dengan tingkat potensi bahaya 2 temuan Moderate-Risk dengan nilai skala matrix risk 2C, 4 temuan High-Risk dengan nilai skala matrix risk 2A, 2B, 4E, dan, 5E, serta 2 temuan Extreme-Risk dengan nilai skala matrix risk 5C dan 5D. tingkat potensi tertinggi yaitu pemberhentian produksi yang merupakan kategori extreme risk, dan untuk model grafis fault tree analysis terdapat 3 basic event dari risiko pemberhentian produksi, hal ini perlu diperhatikan PT IGASAR untuk melakukan perencanaan perbaikan untuk mencegah terjadinya kerugian atau kecelakaan kerja yang dapat terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prima Fithri, M.T
Uncontrolled Keywords: Hazard Identification Risk Assessment (HIRA), Fault Tree Analysis (FTA), PT IGASAR dan Tingkat Potensi Risiko.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 07 Jan 2021 03:54
Last Modified: 07 Jan 2021 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67370

Actions (login required)

View Item View Item