Isolasi Bakteri Penghasil Bioplastik Poli(3-Hidroksibutirat) dari Sampel Tanah pada Akar Tanaman Tebu (Saccharum officinarum), Fermentasi dan Karakterisasi Produknya

Anggun, Pradita (2020) Isolasi Bakteri Penghasil Bioplastik Poli(3-Hidroksibutirat) dari Sampel Tanah pada Akar Tanaman Tebu (Saccharum officinarum), Fermentasi dan Karakterisasi Produknya. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (160kB)

Abstract

Poli (3-Hidroksibutirat) adalah jenis bioplastik yang dapat diproduksi oleh bakteri. P(3HB) terakumulasi sebagai makanan cadangan ketika bakteri tumbuh dalam keadaan yang tidak seimbang. Penelitian ini bertujuan mengisolasi bakteri penghasil P(3HB) dan karakterisasi produk bakteri penghasil P(3HB). Bakteri diisolasi dari tanah yang diambil secara acak pada 20 lokasi berbeda di perkebunan tebu Kabupaten Agam. Metode yang digunakan untuk isolasi bakteri tanah adalah metode pour plate, bakteri ditanam dalam campuran media Nutrient Agar - air tebu. Hasil isolasi bakteri terhadap 20 sampel tanah didapatkan sebanyak 55 isolat murni. Selanjutnya dilakukan skrining dengan nile blue A 1% dan diamati dibawah sinar UV pada panjang gelombang 365 nm. Hasil skrining terhadap 55 isolat ditunjukkan bahwa 3 isolat berflouresensi kuning keemasan diindikasikan terdapat P(3HB) didalam granulnya. Fermentasi dilakukan pada 3 isolat bakteri untuk mengetahui biomassa yang dihasilkan bakteri. Biomassa yang diperoleh rata-rata 0,5 g/100 mL untuk masing-masing konsentrasi sumber karbon air tebu 5%, 10% dan 15%. Karakterisasi produk P(3HB) ditentukan menggunakan FTIR. Hasil analisa menggunakan FTIR menunjukkan 2 isolat positif menghasilkan P(3HB) di dalam selnya. Identifikasi bakteri penghasil P(3HB) dilakukan dengan pewarnaan Gram dan uji biokimia. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa kedua isolat bakteri merupakan kelompok Bacillus. Kata kunci : isolasi, bioplastik, poli(3 hidroksibutirat), FTIR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QR Microbiology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 05 Jan 2021 06:48
Last Modified: 15 Aug 2023 03:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67369

Actions (login required)

View Item View Item