Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Daun Dewandaru (Eugenia uniflora L.) Terhadap Gambaran Histologi Hati Mencit Putih Jantan Yang Diinduksi Karbon Tetraklorida

Muhammad, Redha Ilahi (2020) Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Daun Dewandaru (Eugenia uniflora L.) Terhadap Gambaran Histologi Hati Mencit Putih Jantan Yang Diinduksi Karbon Tetraklorida. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
bab I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
bab v kesimpulan dan saran.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hati mempunyai peran penting dalam proses metabolisme, konjugasi dan detoksifikasi, sehingga pemaparan berbagai bahan yang bersifat toksik akan memperparah kerusakan hati. Daun dewandaru memiliki beragam khasiat diantaranya sebagai antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas hepatoprotektor dari daun dewandaru dalam menurunkan kerusakan jaringan hati pada mencit putih jantan yang diinduksi karbon tetraklorida. Hewan uji yang digunakan sebanyak 45 ekor dibagi menjadi 5 kelompok terdiri dari kelompok kontrol negatif diberikan Na CMC 0,5%, kelompok kontrol positif diinduksi karbon tetraklorida 10% dan 3 kelompok dosis yaitu 200, 400 dan 800 mg/kgbb secara oral. Sediaan diberikan sehari satu kali selama 7, 14, dan 21 hari dan pada hari ke-7 kelompok kontrol positif dan kelompok dosis diinduksi dengan karbon tetraklorida. Hewan uji dikorbankan pada hari ke-8, ke-15, dan ke-22 dan diambil organ hatinya untuk pemeriksaan histopatologi. Parameter yang dinilai yaitu derajat kerusakan jaringan. Data skor histopatologi diolah menggunakan uji ANOVA dua arah dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian bahwa pemberian variasi dosis dan lama pemberian ekstrak etanol daun dewandaru (Eugenia uniflora L.) berpengaruh memberikan perbaikan secara nyata terhadap gambaran histologi hati mencit putih jantan yang diinduksi karbon tetraklorida. Perbaikan derajat kerusakan paling besar diberikan oleh kelompok dosis 200 mg/kgbb dengan lama pemberian 7 hari secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. apt. Helmi Arifin, MS, Ph.D
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 07 Jan 2021 07:50
Last Modified: 15 Aug 2023 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67250

Actions (login required)

View Item View Item