PERSEPSI AUDITOR EKSTERNAL TERHADAP PELUANG AUDIT E-COMMERCE DI KOTA PADANG (STUDI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI KOTA PADANG)

MUTIARA, ISLAMI (2013) PERSEPSI AUDITOR EKSTERNAL TERHADAP PELUANG AUDIT E-COMMERCE DI KOTA PADANG (STUDI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI KOTA PADANG). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
613.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi auditor eksternal terhadap peluang audit e-commerce di kota Padang. Audit e-commerce itu sendiri merupakan audit yang dilakukan untuk memberikan assurance kepada pihak-pihak yang berkepentingan akan tingkat keamanan yaitu bahwa seluruh data yang dikirim via internet hanya dapat diakses oleh orang-orang yang berhak untuk bertransaksi secara online pada suatu perusahaan e-commerce dan bahwa sistem transaksi e-commerce tersebut berjalan dengan baik (Achdiat, 2000 : 26). Sampel penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada enam kantor akuntan publik yang ada di Kota Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang dibagikan pada enam kantor akuntan publik di Kota Padang. Sebelumnya kuesioner diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan analisis Corrected Item-Total Correlation dan teknik Alpha Cronbach. Pengolahan data penelitian menggunakan skor ideal untuk masing-masing jawaban kuesioner yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa auditor telah memiliki pengetahuan yang cukup memadai tentang audit e-commerce, auditor juga merasa penting untuk membekali diri mereka agar nantinya siap untuk melaksanakan audit e-commerce, auditor juga setuju bahwa audit ecommerce merupakan sebuah peluang karir, dan jika nanti terdapat penugasan audit ecommerce auditor telah memiliki kesiapan yang cukup baik. Penelitian ini diharapkan memberikan gambaran pada auditor bahwa perkembangan teknologi telah memberikan dampak kepada profesi auditor, sehingga sudah seharusnya auditor lebih membekali diri mereka dengan berbagai skill untuk menghasilkan audit yang berkualitas. Kata Kunci : Persepsi, Auditor Eksternal, E-Commerce, dan AuditE- Commerce

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 02 May 2016 09:28
Last Modified: 02 May 2016 09:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/6723

Actions (login required)

View Item View Item