ANALISIS KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PETERNAK KUDA BENDI (Studi Kasus Peternak Kuda Bendi di Kota Payakumbuh,Sumatera Barat)

Siska, Citra Amanda (2020) ANALISIS KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PETERNAK KUDA BENDI (Studi Kasus Peternak Kuda Bendi di Kota Payakumbuh,Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (pendahuluan)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (kesimpulan)
kesimpulan.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (dapus)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
SKRIPSI KOMPRE selesai.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil usaha peternak kuda bendi di kota Payakumbuh dan menganalisis tingkat kesejahteraan rumah tangga peternak kuda bendi di kota Payakumbuh. Penelitian ini dilakukan di kota Payakumbuh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis pendapatan usaha dan metode skoring. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuisioner dan wawancara dan data sekunder sebagai pendukung yang diperoleh dari literatur, penelusuran perpustakaan, buku, surat kabar, dan internet. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa profil usaha peternak kuda bendi di kota Payakumbuh adalah sebagai berikut, identitas pemilik usaha/ peternak kuda bendi yang terdiri dari nama pemilik usaha, alamat usaha, umur peternak berada pada kategori produktif dengan persentase 93%, jenis kelamin laki-laki dengan persentase 100% atau tidak ada wanita, pendidikan rata-rata peternak adalah SD dengan persentase 80%, status perkawinan menikah dengan persentase 93%, jumlah tanggungan rata-rata ≤ 4 orang, pengalaman peternak menjadi kusir bendi rata-rata ≥ 11 tahun dengan persentase 73%, dan tahun mula beternak rata-rata pada tahun ≤ 2000 dengan persentase 67%. Identitas usaha terdiri dari jenis kuda yang ber kategori lokal dengan persentase 100%, jumlah kepemilikan kuda awal mula usaha ≤ 2 ekor dengan persentase 100%, harga awal kuda rata-rata <Rp.5.000.000 dengan persentase 67 %, jumlah kuda peternak rata-rata ≤ 2 ekor dengan persentase 73%, jenis pakan yang digunakan adalah rumput + dedak + sagu dengan persentase 100%, frekuensi pemberian pakan sebanyak 2x yaitu pagi dan sore, jumlah pemberian pakan per ekor sekitar 32 Kg, luas kandang antara 9m2-18m2, sistem pemeliharaan kandang secara intensif, jumlah ternak kuda sebagai transportasi sebanyak ≤ 2 ekor, tidak mempunyai kusir tambahan, harga ongkos angkut Rp. 4.000/Km dan tidak ada kelompok usaha. Berdasarkan pengukuran tingkat kesejahteraan peternak kuda bendi di kota Payakumbuh dinyatakan memiliki tingkat kesejahteraan sedang. Tingkat kesejahteraan diukur dari pendapatan, konsumsi atau pengeluaran keluarga, keadaan tempat tinggal, fasilitas tempat tinggal, kesehatan anggota keluarga, kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan, kemudahan memasukkan anak ke jenjang pendidikan, dan kemudahan mendapatkan fasilitas transportasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fitrimawati, S.Pt, MP
Uncontrolled Keywords: Profil Peternak, Kesejahteraan Peternak, Peternak Kuda Bendi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:40
Last Modified: 29 Dec 2020 03:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67167

Actions (login required)

View Item View Item