STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS PT. MITRA KERINCI (AGRIBUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY OF PT. MITRA KERINCI)

ELVITRIADI, ZAR (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS PT. MITRA KERINCI (AGRIBUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY OF PT. MITRA KERINCI). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Halaman Judul dan Abstrak Tesis Adi.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB 1. Pendahuluan.pdf

Download (275kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
3. BAB 5. Penutup dan Kesimpulan.pdf

Download (188kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text (THESIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PT. MITRA KERINCI)
6. Thesis Utuh Elvitriadi Z.A.R. Strategi Pengembangan PT. Mitra Kerinci. OKE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT. Mitra Kerinci yang bergerak di bidang agribisnis harus merumuskan dan menjalankan strategi yang baik dan jitu dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Di tengah persaingan yang ketat, masih banyak peluang dan kesempatan perusahaan untuk terus dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi visi, misi, model canvas bisnis dan strategi bisnisnya saat ini, melalui analisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya. Selanjutnya mengusulkan Business Canvas Model dan alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan untuk pengembangan bisnisnya agar dapat meningkatkan profitnya, sehingga perusahaan mampu bersaing di pasaran sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Penelitian ini dilakukan melalui survey (wawancara dan kuesioner) pada karyawan pimpinan dan konsumen perusahaan, praktisi dan akademisi. Hasilnya dianalisis dengan metode QSPM menggunakan input matrix IFE & EFE, CPM, sehingga diperoleh BMC dan alternatif strategi yang dihasilkan dari IE matrix, Grand Strategy matrix dan SWOT matrix dalam penentuan prioritas strategi. Faktor-faktor internal, eksternal, posisi dan jenis usaha serta strategi perusahaan ini merupakan variabel mandiri, di mana setiap variabel ini tidak dilakukan perbandingan, tetapi saling menjelaskan dan mempengaruhi variabel lainnya. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa strategi yang dilakukan perusahaan adalah strategi pengembangan pasar melalui kerjasama trading, retail dan distribusi, di mana perusahaan berada pada posisi growth & build dan jenis usahanya adalah usaha yang masih dapat dikembangkan. Strategi Pengembangan Pasar berarti lingkungan perusahaan mendukung dilakukannya pengembangan pasar untuk menjadi tumbuh dan berkembang. Untuk tumbuh dan berkembang, perusahaan harus menggunakan kekuatannya secara optimal, dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada, memperbaiki kelemahannya dan menghindari atau melawan ancamannya, serta menciptakan strategi yang lebih berdaya saing agar perusahan menjadi tumbuh dan berkembang. Kata Kunci : Visi, Misi, Faktor Internal, Faktor Eksternal, IFE dan EFE Matrix, CPM, IE Matriks, analisis SWOT, BMC, analisis QSPM, Tumbuh dan Berkembang, Strategi Pengembangan Pasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Syukri Lukman, SE, MS.
Uncontrolled Keywords: Visi, Misi, Faktor Internal, Faktor Eksternal, IFE dan EFE Matrix, CPM, IE Matriks, analisis SWOT, BMC, analisis QSPM, Tumbuh dan Berkembang, Strategi Pengembangan Pasar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 22 Dec 2020 05:53
Last Modified: 22 Dec 2020 05:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67021

Actions (login required)

View Item View Item