Pengaruh lama perebusan daun mangrove (avicennia marina) dengan air abu sekam terhadap kecernaan fraksi serat (ndf, adf, selulosa dan hemiselulosa) secara in-vitro

Umar, Al Faruq (2020) Pengaruh lama perebusan daun mangrove (avicennia marina) dengan air abu sekam terhadap kecernaan fraksi serat (ndf, adf, selulosa dan hemiselulosa) secara in-vitro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (BAB Akhir)
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (Skripsi full text)
5..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama perebusan daun mangrove (Avicennia marina) dengan menggunakan air abu sekam terhadap kecernaan fraksi serat (NDF, ADF, selulosa dan hemiselulosa) secara in- vitro. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan rancangan acak kelompok (RAK). Perlakuan yang diberikan adalah perebusan daun mangrove dengan air abu sekam 15% (w/v) dengan lama perebusan 0 menit (P0), 5 menit (P1), 10 menit (P2) dan 15 menit (P3). Hasil penelitian menunjukan bahwa lama perebusan daun mangrove menggunakan air abu sekam memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kecernaan NDF, ADF, selulosa dan hemiselulosa. Nilai kecernaan in-vitro tertinggi diperoleh pada perlakuan P2 (10 menit) dengan nilai NDF (63,04%), ADF (53,86%), selulosa (80,99%) dan hemiselulosa (81,44%). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perebusan daun mangrove selama 10 menit merupakan waktu yang optimum untuk menghasilkan kecernaan fraksi serat tertinggi secara in-vitro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir Elihasridas MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 22 Dec 2020 05:50
Last Modified: 22 Dec 2020 05:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66984

Actions (login required)

View Item View Item