Hubungan Pelayanan Antenatal Care Oleh Tenaga Kesehatan Dengan Kepatuhan Kunjungan Ibu Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Tahun 2020

Dhinira, Kurnia Putri (2020) Hubungan Pelayanan Antenatal Care Oleh Tenaga Kesehatan Dengan Kepatuhan Kunjungan Ibu Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Logo dan abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL DHINIRA KURNIA PUTRI_1611213010.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan antenatal merupakan cara untuk memantau dan membantu kesehatan ibu hamil normal dan mengetahui ibu dengan kehamilan normal. Menurut data Dinas Kesehatan Kota Padang tahun 2018 cakupan K1 untuk Kota Padang (96,5%) dan cakupan K4 (92,5%). Sementara untuk cakupan K1 dan K4 tahun 2018 Puskesmas Lubuk Buaya berada diposisi kedua terendah dengan persentase (84%) dan (78,3%). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan antenatal care oleh tenaga kesehatan dengan kepatuhan kunjungan ibu di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya tahun 2020. Penelitian ini merupakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah ibu bersalin di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya, dengan jumlah sampel sebanyak 69 responden. Teknik yang digunakan adalah Non Probability Sampling. Pengambilan data menggunakan angket. Analisis data meliputi univariat, bivariat, dan multivariat. Berdasarkan hasil penelitian terlihat (46,4%) responden tidak patuh,(37,7%) responden mendapatkan pelayanan antenatal care kurang baik, (49,3%) responden dengan pengetahuan rendah, (46,4%) responden dengan sikap negatif, (65,2%) respondendalam kategori multipara, (71%) responden menyatakan jarak ke pelayanan kesehatan jauh, dan (87%) responden mendapat dukungan suami. Hasil analisis bivariat menyatakan adanya hubungan yang signifikan dengan pelayanan antenatal care oleh tenaga kesehatan p=0,027, pengetahuan p=0,072, sikap p=0,024. Hasil analisis multivariat di dapatkan variabel yang paling berhubungan dengan kepatuhan kunjungan ibu adalah variabel pelayanan antenatal care oleh tenaga kesehatan. Pelayanan antenatal care oleh tenaga kesehatan, pengetahuan, sikap memiliki hubungan yang signifikan dengan kepatuhan kunjungan ibu dengan variabel yang paling mempengaruhi yaitu pelayanan antenatal care oleh tenaga kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Mery Ramadani, S.KM., M.KM
Uncontrolled Keywords: kepatuhan, ibu, pelayanan antenatal care, tenaga kesehatan.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 21 Dec 2020 07:23
Last Modified: 21 Dec 2020 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66965

Actions (login required)

View Item View Item