Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Atribut Produk Islam pada Kepuasan Nasabah dalam Menggunakan Jasa Bank Nagari Syariah Cabang Pembantu Bukittinggi

FATHMI, ELSYA (2013) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Atribut Produk Islam pada Kepuasan Nasabah dalam Menggunakan Jasa Bank Nagari Syariah Cabang Pembantu Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
1297.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)

Abstract

Di samping faktor pelayanan, terdapat atribut produk yang juga merupakan titik tolak penilaian bagi konsumen tentang terpenuhi atau tidaknya kepuasan konsumen yang diharapkan dari suatu produk yang sebenarnya. El Junusi (2009) mengemukakan bahwa dalam perbankan syariah, atribut produk tersebut diidentifikasi sebagai atribut-atribut produk Islam yang bernuansa Islami yang ditawarkan oleh bank. Dan yang membedakan antara Bank Syariah dengan Bank Konvensional adalah atribut-atribut khusus yang melekat pada Bank Syariah, seperti tidak ada unsur riba, sistem bagi hasil, tidak ada unsur judi, untuk investasi yang halal, dan melakukan aktivitas sesuai syariah. Atribut-atribut produk Islam ini yang menjadi alasan utama para nasabah memilih menggunakan Bank Syariah dan menjadi indikator penilaian bagi nasabah. Maka kepuasan akan dirasakan oleh nasabah bila nilai syariah yang ada pada atribut produk Bank Syariah semakin tinggi. Bank harus bisa memahami dan memenuhi baik perilaku maupun kebutuhan nasabah dengan menggunakan strategi pemasaran yang berorientasi kepada nasabah untuk menciptakan kepuasan nasabah yang merupakan pengguna jasa dari bank tersebut. Bank dalam memberikan pelayanan dan reputasi bank akan mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan jasa bank. Berdasarkan uraian ringkas tersebut peneliti tertarik untuk mengangkat sebuah penelitian yang akan membahas permasalahan pengaruh kualitas pelayanan dan atribut produk Islam terhadap kepuasan. Penelitian tersebut dilakukan pada salah satu bank daerah yang berada di Sumatera Barat. Secara lengkap penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Atribut Produk Islam pada Kepuasan Nasabah dalam Menggunakan Jasa Bank Nagari Syariah Cabang Pembantu Bukittinggi”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 02 May 2016 08:37
Last Modified: 02 May 2016 08:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/6695

Actions (login required)

View Item View Item