POLA DISTRIBUSI DAN PEMETAAN TUMBUHAN ASING INVASIF Bellucia pentamera Naudin DALAM UPAYA PENGELOLAANNYA DI AREA KONSERVASI PROF. SOEMITRO DJHOJOHADIKUSUMO PT. TKA SOLOK SELATAN

Uswatul, Inayah (2020) POLA DISTRIBUSI DAN PEMETAAN TUMBUHAN ASING INVASIF Bellucia pentamera Naudin DALAM UPAYA PENGELOLAANNYA DI AREA KONSERVASI PROF. SOEMITRO DJHOJOHADIKUSUMO PT. TKA SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitras Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bellucia pentamera merupakan salah satu tumbuhan asing invasif yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Tumbuhan ini sudah banyak menginvasi hutan-hutan di Indonesia. Perlu dilakukan penanganan terhadap tumbuhan ini agar tidak menginvasi lebih banyak area sehingga dapat mengancam keanekagaraman hayati di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pola distribusi dan pemetaan dari B. pentamera; dan 2) mengetahui pengaruh jarak dari jalan dan intensitas cahaya terhadap sebaran individu B. pentamera. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai Agustus 2020 di area konservasi Prof. Soemitro Djojohadikusumo PT. TKA Solok Selatan menggunakan metoda belt transek dengan membuat plot sebesar 20x50 m2 pada area yang terinvasi B. pentamera. Analisa data dilakukan dengan rumus Indeks Morishita dan Regresi Linier Sederhana. Pola penyebaran spesies B. pentamera di Hutan Konservasi Prof. SoemitroDjhojohadikusumo PT. TKA Solok Selatan adalah mengelompok dengan Id sebesar 1,17. Pemetaan B. pentamera menunjukkan bahwa strata seedling banyak terdapat pada pinggir hutan dan menyebar di seluruh subplot. Strata sapling menyebar di seluruh subplot namun jumlahnya tidak sebanyak strata seedling. Strata pohon hanya terdapat pada tengah hutan sampai bagian dalam hutan dan memiliki jumlah paling sedikit. Jarak dari jalan memberikan pengaruh terhadap penyebaran individu B. pentamera dengan nilai R2 sebesar 0.702, sedangkan intensitas cahaya tidak memberikan pengaruh terhadap persebaran individu B. pentamera dengan nilai R2sebesar 0.0806. Jarak dari jalan memberikan pengaruh terhadap intensitas cahaya di Area Konservasi Prof. Soemitro Djhojohadikusumo PT. TKA Solok Selatan dengan nilai R2sebesar 0.985. Kata kunci: Bellucia pentamera, indeks morishita, pemetaan, pola sebaran, regresi linier.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Solfiyeni, MP
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 04 Jan 2021 02:43
Last Modified: 04 Jan 2021 03:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66911

Actions (login required)

View Item View Item