HUBUNGAN JUMLAH EOSINOFIL DENGAN UKURAN POLIP, USIA, JENIS KELAMIN PENDERITA POLIP NASAL DI SENTRA DIAGNOSTIK PATOLOGI ANATOMI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2017- 2019

Salma, Yuri Khairunnisa (2020) HUBUNGAN JUMLAH EOSINOFIL DENGAN UKURAN POLIP, USIA, JENIS KELAMIN PENDERITA POLIP NASAL DI SENTRA DIAGNOSTIK PATOLOGI ANATOMI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2017- 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (Bab I pendahuluan)
BAB I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Bab akhir (penutup))
BAB VII (penutup).pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Polip nasal merupakan massa lunak berisikan cairan di mukosa hidung. Meskipun angka kejadian yang tidak banyak, namun polip nasal sangat berkaitan dengan proses inflamasi. Jumlah eosinofil merupakan salah satu komponen yang berperan terhadap proses tersebut. Beberapa faktor yang juga mempengaruhi polip nasal diantaranya ukuran polip, usia dan jenis kelamin penderita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan jumlah eosinofil dengan ukuran polip, usia dan jenis kelamin penderita polip. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini berlangsung dari Februari- Oktober 2020. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik total sampling pada penderita polip nasal tahun 2017- 2019 di Sentra Diagnostik Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Hasil penelitian berdasarkan analisa bivariat uji Chi- Square antara jumlah eosinofil dengan ukuran polip, usia dan jenis kelamin penderita polip memiliki nilai p secara berturut- urut adalah (p= 0, 036), (p= 0,264), (p=1, 00). Kesimpulan penelitian ini ialah terdapat hubungan bermakna secara statistik antara jumlah eosinofil dengan ukuran polip. Selanjutnya, tidak terdapat hubungan bermakna secara statistik antara jumlah eosinofil dengan usia dan jenis kelamin penderita polip nasal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Tofrizal, Sp. PA. M. Biomed, P.hD
Uncontrolled Keywords: Eosinofil, Ukuran, Usia, Jenis Kelam
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Dec 2020 04:00
Last Modified: 18 Dec 2020 04:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66883

Actions (login required)

View Item View Item