Pertumbuhan Vegetatif Padi Gogo (Oryza Sativa L.) Yang Diberi Ekstrak Cladophora Sp. Sebagai Biostimulan Dalam Kondisi Cekaman Kekeringan

REGITA, CAHYANI (2020) Pertumbuhan Vegetatif Padi Gogo (Oryza Sativa L.) Yang Diberi Ekstrak Cladophora Sp. Sebagai Biostimulan Dalam Kondisi Cekaman Kekeringan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img] Text (I. PENDAHULUAN)
I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (V. KESIMPULAN dan SARAN)
V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang pertumbuhan vegetatif padi gogo (Oryza Sativa L.) yang diberi ekstrak Cladophora Sp. sebagai biostimulan dalam kondisi cekaman kekeringan telah dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2020 di kebun percobaan dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh terbaik Cladophora sp. Ekstrak, cekaman kekeringan dan interaksi terbaik antara kedua faktor tersebut terhadap pertumbuhan padi gogo. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan dua faktor dan tiga ulangan. Faktor A adalah aplikasi ekstrak Cladophora sp. (0%, 0,3% dan 0,6%) dan faktor B adalah cekaman kekeringan (0%, 25%, 50% dan 75%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ekstrak Cladophora sp. pada pertumbuhan padi gogo dalam kondisi cekaman kekeringan tidak mempengaruhi pertumbuhan vegetatif padi gogo. Perlakuan dengan cekaman kekeringan 25% merupakan tingkat toleransi maksimum terhadap pertumbuhan vegetatif padi gogo. Interaksi aplikasi ekstrak Cladophora sp. pada cekaman kekeringan dibawah 25% memberikan toleransi terbaik terhadap pertambahan tinggi tanaman, jumlah anakan, bobot kering pucuk, bobot segar akar, bobot kering akar, kadar klorofil dan kadar prolin tanaman padi gogo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Zozy Aneloi Noli
Uncontrolled Keywords: Biostimulan, Cladophora sp., Cekaman Kekeringan, Kadar Prolin, Pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:43
Last Modified: 18 Feb 2021 04:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66816

Actions (login required)

View Item View Item