PENGARUH PENGGUNAAN CAMPURAN LIMBAH BUAH JAGUNG DAN AMPAS TAHU YANG DIFERMENTASI DENGAN Lentinus edodes DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA KARKAS BROILER

Bella, Angraeni (2020) PENGARUH PENGGUNAAN CAMPURAN LIMBAH BUAH JAGUNG DAN AMPAS TAHU YANG DIFERMENTASI DENGAN Lentinus edodes DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA KARKAS BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (BABA 1 Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB AKHIR (Penutup).pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan campuran limbah buah jagung dan ampas tahu yang difermentasi dengan Lentinus edodes (LBJATF) dalam ransum terhadap bobot hidup, persentase karkas dan lemak abdomen broiler. Penelitian ini menggunakan 80 ekor broiler strain CP 707 umur 2 hari yang dipelihara sampai umur 5 minggu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah penggunaan LBJATF dalam ransum yaitu perlakuan A (0% LBJATF), perlakuan B (5% LBJATF), perlakuan C (10% LBJATF), perlakuan D (15% LBJATF) dan E (20% LBJATF). Peubah yang diamati adalah bobot hidup (g/ekor), persentase karkas dan persentase lemak abdomen broiler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan campuran limbah buah jagung dan ampas tahu yang difermentasi dengan Lentinus edodes dalam ransum berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap bobot hidup dan persentase karkas serta berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap persentase lemak abdomen broiler. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa campuran limbah buah jagung dan ampas tahu yang difermentasi dengan Lentinus edodes dapat digunakan sampai 15% dalam ransum broiler. Pada kondisi ini diperoleh bobot hidup broiler 1142,25 gram/ekor, karkas broiler 67,37%, dan lemak abdomen broiler 1,76%. Kata kunci : campuran limbah buah jagung dan ampas tahu, fermentasi, Lentinus edodes, performa karkas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:12
Last Modified: 08 Jun 2021 03:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66795

Actions (login required)

View Item View Item