PEMBERIAN DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN JENIS MULSA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) VARIETAS BIMA BREBES PADA TANAH ULTISOL

Malin, Dipinto (2020) PEMBERIAN DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN JENIS MULSA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) VARIETAS BIMA BREBES PADA TANAH ULTISOL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (bab I pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (bab V kesimpulan dan saran)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan September sampai Desember 2019 di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi terbaik antara dosis pupuk kandang ayam dan jenis mulsa, dosis pupuk kandang ayam terbaik dan jenis mulsa terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah varietas Bima Brebes pada tanah ultisol. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial dengan 3 kelompok. Faktor pertama adalah dosis pupuk kandang ayam yang terdiri dari 3 taraf yaitu 30 ton/ha, 40 ton/ha dan 50 ton/ha. Faktor kedua adalah jenis mulsa yang terdiri dari 2 taraf yaitu mulsa plastik hitam dan mulsa plastik perak. Data dianalisis menggunakan uji F taraf 5%. Jika F hitung lebih besar dari F tabel 5%, dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi interaksi antara dosis pupuk kandang ayam dengan jenis mulsa terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah. Dosis pupuk kandang ayam 40 ton/ha memberikan hasil terbaik untuk variabel jumlah umbi per rumpun, bobot segar tanaman, bobot segar umbi per rumpun, bobot kering umbi per rumpun, bobot segar umbi per petak, bobot kering umbi per petak, bobot segar umbi per hektar, dan bobot kering umbi per hektar. Jenis mulsa plastik perak memberikan hasil terbaik untuk variabel bobot segar umbi per rumpun, bobot kering umbi per rumpun, bobot segar umbi per petak, bobot kering umbi per petak, bobot segar umbi per hektar dan bobot kering umbi per hektar. Kata kunci : bawang merah, Bima Brebes, mulsa, pupuk kandang ayam, pupuk organik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Indra Dwipa, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:40
Last Modified: 16 Dec 2020 04:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66790

Actions (login required)

View Item View Item