PERSONAL BRANDING ELLY THRISYANTI PADA PEMILIHAN LEGISLATIF TAHUN 2019 DI KOTA PADANG

NADA, ERWINDO (2020) PERSONAL BRANDING ELLY THRISYANTI PADA PEMILIHAN LEGISLATIF TAHUN 2019 DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
cover dan abstrak.pdf

Download (432kB)
[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (373kB)
[img] Text
bab VI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
daaftar pustakaaa.pdf

Download (485kB)
[img] Text
full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NADA ERWINDO,1610831006. Skripsi S1. Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Judul skripsi “Personal Branding Elly Thrisyanti dalam Kemenangannya pada Pemilihan Umum Legislatid Kota Padang tahun 2019”. Dibimbing Oleh: Dr. Asrinaldi M.Si dan Dr.Tengku Rika, MA. Skripsi ini terdiri dari 98 halaman, dengan 40 referensi: 16 buku, 8 jurnal, 5 skripsi/Disertasi. 2 sumber internet. Pelaksanaan Pemilu serentak di kota padang menghadirkan persaingan politik yang cukup sengit khususnya antara calon anggota legislatif perempuan. Satu hal yang menarik pada pemilu serentak 2019 adalah tentang bagaimana para calon anggota legislatif tersebut mem-branding diri mereka yang biasa disebut dengan Branding. Branding politik adalah tentang kemampuan untuk mempengaruhi keputusan,dan tingkah laku seseorang, yang mana untuk mendapatkan wewenang dan kepercayaan dalam mengambil keputusan, menempatkan diri dalam peran leadership, meningkatkan prestise dan mendapatkan perlakuan untuk mencapai tujuan tertentu. bahwasannya personal branding merupakan teknik kampanye direct selling atau pemasaran secara langsung yang memfokuskan pada bagaimana membangun citra/image di masyarakat cukup efektif dalam strategi pemenangan dalam pemilihan. Dalam penelitian ini Elly Thrisyanti berhasil mendapatkan suara tertinggi pada pemilu legislatif 2019, hal ini karena Elly Thrisyanti sebagai kader perempuan partai Gerindra bisa meningkatkan personal branding kepada pemilih dalam pemilihan legislatif DPRD Kota Padang. Pemakaian strategi branding dikaji melalui teori personal branding Peter dan Hansen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana personal branding Elly Thrisyanti dalam kemenanganya pada pemilihan umum legislative Kota Padang tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Personal Branding Elly Thrisyanti sangat berpengaruh dalam kemenangannya pada Pemilihan legislative Kota Padang 2019, hal ini terlihat dalam 3 indikator menurut Peter dan Hansen bahwa (1) kemampuan, (2) sikap atau perilaku dan (3) bagaimana metode pemecahan masalah. Dari ketiga indikator ini peneliti melihat bahwa kemampuan Elly Thrisyanti dalam memimpin serta Elly Thrisyanti menggunakan strategi langsung blusukan ke masyarakat dominan mempengaruhi bagaimana image nya terbentuk di masyarakat. selain itu kemenanganya tidak lepas dari peran partai politik pengusungnya yaitu partai Gerindra yang membantunya meraih hasil maksimal dengan perolehan suara paling banyak diantara caleg perempuan lainnya. Personal Branding/image yang terbentuk di masyarakat berhasil membuat Elly Thrisyanti mendapatkan suara paling banyak di antara calon anggota legislatif perempuan lainya pada pemilihan umum legislatif Kota Padang tahun 2019. Kata Kunci: Personal Branding, Marketing Politik

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Asrinaldi M.Si
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 14 Dec 2020 08:24
Last Modified: 14 Dec 2020 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66754

Actions (login required)

View Item View Item