Identifikasi Hubungan Kepribadian Dengan Risiko Kecelakaan Pada Pengendara Sepeda Motor

Fadhil, Sandy Pratama (2020) Identifikasi Hubungan Kepribadian Dengan Risiko Kecelakaan Pada Pengendara Sepeda Motor. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Full Text Tesis)
Tesis Fadhil Sandy Pratama (1820922013).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (470kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara pengguna kendaraan bermotor terbanyak sebagai alat mobilisasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Data yang tercatat pada tahun 2018 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa jumlah kendaraan bermotor di Indonesia sebesar 146 juta kendaraan dan didominasi oleh sepeda motor sebanyak 120 juta kendaraan. Dengan berbagai macam karekteristik pengemudi yang ada di jalan. ada beberapa faktor – faktor yang dapat menjadi penyebab dari berbagai perilaku pengendara seperti kebiasaan yang dilakukan oleh pengemudi sehari – hari. Hal tersebut melatar belakangi penulis dalam melakukan penelitian ini apakah kebiasaan sehari – sehari dapat menjadi faktor penyebab kecelakaan dalam berkendara. Dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor kepribadian, kegemaran dan kebiasaan dan mengidentifikasi pengemudi yang rentan berdasarkan kepribadian, kegemaran, dan kebiasaan. Data yang didapat dari kuesioner online dan kuesioner secara langsung dengan menggunakan pendekatan psikologi Big Five Personality yang dikemukakan oleh HEXACO. Dari hasil kuesioner tersebut akan diolah menggunakan tabulasi silang dengan metoda chi square. Hasil menunjukan trait conscientiousnes dan neuroticism, genre film favorit, musik favorit, jenis kelamin dan usia pengendara menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku dalam berkendara sehingga menjadi pemicu kecelakaan. Pengendara dengan trait conscientiousness dengan score rendah, penyuka genre film action, pengendara dengan kelompok usia dibawah 35 tahun, dan pengendara laki – laki merupakan kelompok yang rentan mengalami kecelakaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Yosritzal, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Big Five Personality, Kecelakaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 08 Dec 2020 06:55
Last Modified: 08 Dec 2020 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66653

Actions (login required)

View Item View Item