ANALISIS PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERENCANA DALAM PENGGUNAAN KONTRASEPSI DI KAMPUNG KB TANAH OMBAK KECAMATAN PADANG BARAT KOTA PADANG TAHUN 2020

Syarevi, Mizani Aulia (2020) ANALISIS PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERENCANA DALAM PENGGUNAAN KONTRASEPSI DI KAMPUNG KB TANAH OMBAK KECAMATAN PADANG BARAT KOTA PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (Bab 6)
bab 6.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI Syarevi Mizani Aulia (1611211041).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Satu diantara indikator utama dari Kampung KB adalah meningkatnya persentase peserta KB aktif dan meningkatnya persentase kesertaan KB MKJP. Akan tetapi masih ada Kampung KB yang masih belum mencapai target, salah satunya adalah Kampung KB Tanah Ombak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi secara mendalam tentang Program Kampung KB dalam penggunaan kontrasepsi di Kampung KB Tanah Ombak Kecamatan Padang Barat Kota Padang tahun 2020. Metode Penelitian kualitatif dengan teori pendekatan sistem dengan melalukan wawancara mendalam FGD, observasi, dan telaah dokumen. Informan dalam wawancara berjumlah 5 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling serta peserta FGD berjumlah 6 orang yaitu akseptor KB dari Kampung KB Tanah Ombak. Hasil Hasil penelitian menunjukkan dari komponen input: telah ada kebijakan dan SOP, secara keseluruhan dana masih dirasa kurang akan tetapi telah tercukupi untuk pelayanan kontrasepsi, masih dibutuhkan peningkatan kualitas SDM, dan masih ada beberapa sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Komponen proses: perencanaan tahunan dan bulanan sudah dilaksanakan, pengorganisasian juga telah ada dan memiliki SK, pelaksanaan program telah berjalan walaupun masih ada kendala yang dihadapi, dan telah dijalankan pengawasan dan evaluasi dari setiap kegiatan. Komponen output: masih adanya penurunan angka pemakaian kontrasepsi di Kampung KB Tanah Ombak. Kesimpulan Pelaksanaan program Kampung KB dalam penggunaan kontrasepi di Kampung KB Tanah Ombak masih memiliki beberapa kendala dari segi input, proses hingga output. Diharapakan kepada DP3AP2KB melengkapi keperluan di Kampung KB serta PLKB dan jajaran dari Pokja Kampung KB Tanah Ombak untuk dapat berkerjasama dengan baik lagi ke depannya dalam pelaksanaan program di lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, MKM
Uncontrolled Keywords: analisis program, kampung KB, penggunaan kontrasepsi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 03 Dec 2020 07:20
Last Modified: 03 Dec 2020 07:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66598

Actions (login required)

View Item View Item