ANALISIS ASPEK TEKNIS DAN EKONOMIS USAHA TERNAK KAMBING DI KECAMATAN PANYABUNGAN (Studi Kasus: Usaha Peternakan Kambing Bapak Ali Akbar Hasibuan Desa Sipaga Paga Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal)

Ali, Addasani Nasition (2020) ANALISIS ASPEK TEKNIS DAN EKONOMIS USAHA TERNAK KAMBING DI KECAMATAN PANYABUNGAN (Studi Kasus: Usaha Peternakan Kambing Bapak Ali Akbar Hasibuan Desa Sipaga Paga Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Upload abstrak.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (Bab 1)
upload bab 1.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (bab 5)
upload bab 5.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
UPLOAD DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (Skripsi full Text)
Upload Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada usaha peternakan kambing bapak Ali Akbar Desa Sipaga Paga Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara, pada tanggal 1 Desember – 31 Desember 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek teknis dan aspek ekonomi usaha ternak kambing bapak Ali Akbar di Kecamatan Panyabungan. Analisis yang digunakan yaitu penerapan aspek teknis dianalisis secara deskriptif kualitatif dan diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa teknis pemeliharaan usaha peternakan kambing Bapak Ali Akbar dapat dilihat dari aspek teknis yaitu bibit yang digunakan Kambing Peranakan Etawa dan Kambing Kacang yang diperoleh dari masyarakat sekitar, pakan yang diberikan berupa gamal, rumput pahit, rumput gajah limbah pertanian, ampas tahu dan ampas tempe. Tatalaksana pemeliharaan yaitu pembersihan kandang 1 kali seminggu menjelang pemberian pakan dan sistem pemeliharaan dengan cara dikandangkan. Pencegahan dan pengobatan penyakit dilakukan dengan cara menjaga kebersihan kandang dan pengobatan penyakit dengan pemberian obat tradisional dan obat kimia. Pemasaran dilakukan sendiri dengan dengan cara memasarkan langsung kekonsumen dan sebagai produsen atau penghasil daging kambing untuk rumah makan Minang Raya di daerah Kecamatan Panyabungan. Analisis aspek ekonomis didapatkan penerimaan usaha peternakan kambing bapak Ali Akbar dalam periode satu tahun penerimaan sebesar Rp.184,950,000,-, biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp.156,146,966,-. Jadi pendapatan perbulan Rp. 28,803,034,-. Sedangkan R/C Ratio yaitu 1,18 berarti usah ternak kambing perah ini menguntungkan. Kata Kunci: Ternak kambing, usaha bapak Ali Akbar, Aspek Teknis, Ekonomis

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Boyon ., MP
Uncontrolled Keywords: Ternak kambing, usaha bapak Ali Akbar, Aspek Teknis, Ekonomis
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 02 Dec 2020 04:37
Last Modified: 02 Dec 2020 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66500

Actions (login required)

View Item View Item