Uji Efek Ekstrak Etanol Pegagan Embun (Hydrocotyle sibthorpioides Lam.) Terhadap Aktivitas dan Kapasitas Fagositosis Sel Makrofag dan Persentase Sel Leukosit Mencit Putih Jantan

YOLANDA, ALFIYYAH LARAKHANSA (2020) Uji Efek Ekstrak Etanol Pegagan Embun (Hydrocotyle sibthorpioides Lam.) Terhadap Aktivitas dan Kapasitas Fagositosis Sel Makrofag dan Persentase Sel Leukosit Mencit Putih Jantan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (839kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Bab 5 (Akhir))
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh (Full Text))
Tugas Akhir Utuh (Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pegagan embun (Hydrocotyle sibthorpioides L.) diketahui memiliki banyak khasiat diantaranya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari ekstrak etanol pegagan embunterhadap aktivitas dan kapasitas fagositosis sel makrofag, total dan persentase sel leukosit. Hewan uji yang digunakan mencit putih jantan berjumlah 25 ekor dan dibagi menjadi lima kelompok. Kelompok kontrol negatif diberiNa CMC 0,5%, kelompok uji diberi ekstrak etanol herba pegagan embun dengan dosis 10, 50, 200 mg/kgbb, dan kelompok kontrol positif diberikan obat stimuno50 mg/kgbbsecara oral selama 7 hari. Pada hari ke-8, darah mencit diambil dari vena ekor untuk menghitung jumlah total dan persentase sel leukosit dan selanjutnya diinjeksikan secara intraperitonial suspensi bakteri Staphylococcus aureus. Setelah 1 jam pemberian suspensi bakteri, diambil cairan peritonealnya untuk diamati aktivitas dan kapasitas fagositosis sel makrofag.Hasil pengamatan dianalisis dengan Anova satu arah dan uji lanjut Duncan (kebermaknaan diambil pada p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwavariasi konsentrasi mengalami peningkatan secara bermakna (p<0,05) terhadap aktivitas dan kapasitas fagositosis sel makrofag, dan total leukosit. Persentase sel leukosit menunjukkan bahwa sel limfosit mengalami peningkatan secara bermakna (p<0,05), sedangkansel neutrofil segmen mengalami penurunan secara bermakna (p<0,05). Kesimpulan adalah ekstrak pegagan embun (Hydrocotyle sibthorpioides L.) pada dosis 10, 50, 200 mg/kgbb memiliki efek imunostimulan. Kata kunci: Hydrocotyle sibthorpioides Lam., Staphylococcus aureus, fagositosis, makrofag, leukosit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. apt. Yufri Aldi, M.Si
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 02 Dec 2020 04:47
Last Modified: 02 Dec 2020 04:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66499

Actions (login required)

View Item View Item