ANALISA USAHA SAGUN BAKAR ALLANTA DI KOTA BUKITTINGGI

Muhammad, IKHLAS (2015) ANALISA USAHA SAGUN BAKAR ALLANTA DI KOTA BUKITTINGGI. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201508251743th_mhd. ikhlas_1110222022_agribisnis_fakultas pertanian_universitas andalas.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas usaha yang meliputi aspek operasional dan pemasaran usaha, dan menganalisis pengelolaan keuangan, tingkat keuntungan dan titik impas usaha. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan diversifikasi produk sagun bakar dengan memanfaatkan umbi dahlia yang bermaanfaat bagi kesehatan memperoleh pendapatan penjualan yang lebih rendah. Dilihat dari aspek operasional, usaha ini belum memiliki manajemen yang baik, pemilik usaha merangkap sebagai pimpinan, bagian keuangan dan bagian pemasaran. Dilihat dari aspek pemasaran, usaha menetapkan harga berdasarkan cost plus pricing dan melakukan promosi melalui periklanan, promosi penjualan, publisitas dan personal selling, akan tetapi pemasaran untuk produk umbi dahlia belum tepat sasaran. Dilihat dari aspek keuangan, modal awal usaha berasal dari pihak usaha dan pinjaman dari PT.Sucofindo. Usaha ini belum melakukan pencatatan keuangan dengan baik, sehingga belum terekam jelas apa saja biaya yang dikeluarkan, dan keuntungan yang didapat dari fluktuasi penjualan. Berdasarkan analisis keuntungan dan titik impas menunjukkan bahwa selama periode akutansi Januari-Desember 2014 usaha memperoleh keuntungan sebesar Rp. 417.942.476,- dan telah berproduksi diatas titik impas usaha dimana impas kuantitas produk sagun bakar original sebesar 12.149 bungkus dan produk sagun bakar umbi dahlia 451 bungkus dengan impas penjualan produk sagun bakar original sebesar Rp. 169.341.077,-, dan produk sagun bakar umbi dahlia Rp. 11.932.894,-. Sehubungan dengan penelitian ini disarankan agar usaha ini mengoptimalkan pemasaran produk sagun bakar umbi dahlia dengan mengarahkan pasar sasaran kepada konsumen yang peduli akan kesehatan, melakukan pencatatan laporan keuangan yang lebih detail dan bertahan diatas titik impas usaha. Kata kunci : aspek usaha, diversifikasi produk, keuntungan, titik impas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Fakultas Pertanian
Depositing User: Ms Lyse Nofriadi
Date Deposited: 05 Feb 2016 06:38
Last Modified: 05 Feb 2016 06:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item