Pemanfaatan Modal Sosial Terhadap Kemenangan Yovan Fadayan Remindo, Pada Pemilihan Anggota Legislatif Tahun 2019 Di Kota Padang Panjang

Reihan, Harriz (2020) Pemanfaatan Modal Sosial Terhadap Kemenangan Yovan Fadayan Remindo, Pada Pemilihan Anggota Legislatif Tahun 2019 Di Kota Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK(6).pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
TUGAS AKHIR ILMIAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I WM.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI KESIMPULAN WM.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview

Abstract

Kontestasi politik merupakan suatu hal yang sangat ditunggu, baik dari masyarakat ataupun dari individu yang ingin mencalonkan dirinya serta mempertahankan posisinya di dalam pemerintahan, Baik itu pemilihan Presiden, pemilihan kepala daerah, dan pemilihan anggota Legislatif tingkat Kota/Kabupaten sekalipun. Untuk memenangkan kontestasi tesebut, aktor politik harus memiliki sesuatu hal yang dapat membuatnya menang dengan mudah dan mampu bersaing dengan lawan politik nya. Salah satu nya adalah modal sosial. Pada pemilihan Anggota Legislatif di Kota Padang Panjang Tahun 2019 lalu, modal sosial merupakan salah satu cara bagi para calon untuk mampu menarik perhatian dan dukungan dari masyarakat. Menurut Bourdieu, modal sosial merupakan suatu sumber daya baik aktual maupun potensial yang dimiliki oleh seseorang dari jaringan sosial yang terlembagakan dan terjadi secara terus menerus sehingga memberikan dukungan kolektif terhadap anggotanya. Modal sosial tidak terlepas dari individu ataupun orang sekitarnya, baik itu keluarga ataupun suatu jaringan. Hal ini lah yang berhasil dimanfaatkan dan dijadikan strategi oleh Yovan Fadayan Remindo, Muncul asumsi dari peneliti bahwasannya modal sosial menjadi salah satu faktor kemenangan Yovan Fadayan Remindo untuk berhasil meraih jabatan sebagai wakil rakyat di perlemen kota Padang Panjang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana bentuk pemanfaatan modal sosial keluarga tehadap kemenangan Yovan Fadayan Remindo pada pemilihan anggota DPRD kota Padang Panjang periode 2019-2024, untuk menjelaskan bagaimana bentuk strategi pemanfaatan modal sosial dalam kemenangan Yovan Fadayan Remindo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan tipe deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan, bahwa memang Yovan memanfaatkan modal sosial dalam kemenangan nya, akan tetapi modal sosial yang dimanfaatkan ini hanya sebagai pembuka jalan, untuk masuk kedalam relasi dan jaringan yang telah ada, terutama terhadap jaringan dan modal sosial yang terdapat pada ayah Yovan, selain itu pengaruh figur ayahnya, hubungan dan relasi dari keluarga nya, serta pendekatan terhadap generasi muda menjadi faktor kemenangan Yovan dalam kontestasi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs.Tamrin,M.Si
Uncontrolled Keywords: Modal sosial, Kemenangan Calon, Pemilihan Legislatif.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 27 Nov 2020 09:23
Last Modified: 27 Nov 2020 09:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65998

Actions (login required)

View Item View Item