PENGARUH JUMLAH LILITAN ELEKTRODA SPIRAL REAKTOR PLASMA DBD TERHADAP KONSENTRASI GAS KARBON MONOKSIDA HASIL PEMBAKARAN LIMBAH MEDIS MENGGUNAKAN INSINERATOR

Yuda, Darma (2020) PENGARUH JUMLAH LILITAN ELEKTRODA SPIRAL REAKTOR PLASMA DBD TERHADAP KONSENTRASI GAS KARBON MONOKSIDA HASIL PEMBAKARAN LIMBAH MEDIS MENGGUNAKAN INSINERATOR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir (TA) - YUDA DARMA (1610951049).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Teknologi insinerator memiliki kelebihan yaitu dapat mengurangi volume sampah dalam jumlah besar termasuk sampah medis dengan waktu proses yang singkat. Akan tetapi, teknologi tersebut juga memiliki kekurangan karena menghasilkan asap yang mengandung gas CO yang berbahaya bagi kesehatan jika memiliki konsentrasi yang tinggi di udara. Untuk mengurangi konsentrasi gas CO pada asap hasil pembakaran sebelum dilepaskan ke udara, maka diperlukan pengolahan baik secara mekanik maupun elektrik sebelum gas tersebut di lepas ke udara. Pada penelitian ini diterapkan teknologi plasma berpenghalang dielektrik (DBD) untuk mengubah gas CO menjadi gas yang tidak berbahaya. Penelitian ini telah menghasilkan rancangan reaktor plasma DBD dengan lilitan elektroda spiral yang berbeda yaitu sebanyak 65, 75, 85, dan 95 lilitan. Tujuannya adalah untuk melihat kinerja reaktor plasma DBD dalam mengurangi konsentrasi gas CO. Penerapan plasma dilakukan selama 188 detik terhadap gas hasil pembakaran limbah medis berbahan karet sebanyak 20 buah dengan berat 100 gram yang dialirkan ke reaktor plasma DBD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gas CO semakin berkurang jika jumlah lilitan semakin banyak dan dapat mengurangi konsentrasi gas CO sebesar 1065,035 ppm dibandingkan dengan konsentrasi CO tanpa diberi terapan plasma dengan persentase sebesar 91,1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: AULIA, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Limbah medis, insinerasi, plasma DBD, lilitan, elektroda spiral
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 27 Nov 2020 09:33
Last Modified: 27 Nov 2020 09:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65988

Actions (login required)

View Item View Item