PENGARUH DOSIS DAN CARA APLIKASI KOMPOS JERAMI PADI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI SAWAH (Oryza sativa L.) SISTEM RATUN

Laila, Arfah (2020) PENGARUH DOSIS DAN CARA APLIKASI KOMPOS JERAMI PADI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI SAWAH (Oryza sativa L.) SISTEM RATUN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf.pdf - Published Version

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I Pendahuluan. pdf.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 penutup)
BAB 5 Penutup.pdf.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Potensi peningkatan produksi padi sistem ratun dapat dilakukan dengan aplikasi dan dosis pupuk yang tepat. . Penelitian ini tentang pengaruh dosis dan cara aplikasi kompos jerami padi terhadap pertumbuhan dan hasil padi sawah sistem ratun, yang dilaksanakan di lahan masyarakat Jalan Buluh Kasok, Nagari Tabek, Kec. Pariangan, Tanah Datar, dari bulan januari - bulan April 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan interaksi yang terjadi antara cara aplikasi dengan dosis kompos jerami padi, mengetahui pengaruh cara aplikasi kompos jerami padi dan mendapatkan dosis kompos jerami padi yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman padi sawah sistem ratun. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dua faktor dengan tiga ulangan. Faktor pertama adalah cara aplikasi kompos jerami padi dengan dua taraf ( sebar, benam) dan faktor kedua adalah dosis kompos jerami padi dengan empat taraf (0 ton/ha, 5 ton/ha, 10 ton/ha dan 15 ton/ha). Data dianalisis menggunakan uji F dan dilanjutkan dengan uji DNMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara cara aplikasi dan dosis kompos jerami padi terhadap pertumbuhan dan hasil padi sawah sistem ratun, cara aplikasi kompos jerami padi dengan dibenam memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan cara disebar, dan dosis kompos jerami padi yang terbaik adalah 5 ton/ha terhadap pertumbuhan dan hasil padi sistem ratun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Auzar Syarif, MS
Uncontrolled Keywords: padi, ratun, dosis, cara aplikasi, kompos jerami
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 02 Dec 2020 01:38
Last Modified: 02 Dec 2020 01:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65968

Actions (login required)

View Item View Item