Leksikon Verba Dan Nomina Bahasa Tanjung Pucuk Jambi Kabupaten Tebo Provinsi Jambi Dalam Lingkungan Perladangan: Kajian Ekolinguistik

darwis, adliza (2020) Leksikon Verba Dan Nomina Bahasa Tanjung Pucuk Jambi Kabupaten Tebo Provinsi Jambi Dalam Lingkungan Perladangan: Kajian Ekolinguistik. Masters thesis, linguistik.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
pendahuluan.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Penutup)
penutup.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text (Tugas akhir utuh)
tesis adliza.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan kajian ekolinguistik yang meneliti leksikon verba dan nomina Bahasa Tanjung Pucuk Jambi dalam lingkungan perladangan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengkaji hubungan leksikon verba dan nomina, untuk mengetahui leksikon yang masih dipakai serta leksikon yang baru muncul dalam bahasa Desa Tanjung Pucuk Jambi Kabupaten Tebo Provinsi Jambi dengan lingkungan perladangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahasa desa Tanjung Pucuk Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode simak bebas libat cakap dengan teknik catat. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode agih dan metode padan. Hasil analisis disajikan dengan cara deskriptif dilengkapi dengan gambar serta tanda untuk mendukung penyajian hasil analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa masih banyak leksikon verba dan nomina Bahasa Tanjung Pucuk Jambi yang masih dipakai sampai saat ini. Hubungan leksikon verba dan nomina bahasa Tanjung Pucuk Jambi sangat erat kaitannya dengan kegiatan kehidupan sosial budaya masyarakat setempat dengan lingkungan perladangan pekerjaannya sehari-hari adalah bertani di ladang. Kemudian juga ada beberapa leksikon verba dan nomina bahasa Desa Tanjung Pucuk Jambi yang baru muncul karena mereka melakukan aktivitas pertanian di ladang baru dengan menanam kebun sawit.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya
Depositing User: s2 ilmu linguistik
Date Deposited: 24 May 2021 04:31
Last Modified: 24 May 2021 04:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65915

Actions (login required)

View Item View Item