KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN POLA PENYANTUNAN YANG DITERIMA LANSIA JAWA (Kasus Terhadap Lansia Transmigran Asal Jawa di Jorong Taman Sari dan Jorong Koto Agung Kiri, Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat)

Nur, Al A'la handoko (2020) KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN POLA PENYANTUNAN YANG DITERIMA LANSIA JAWA (Kasus Terhadap Lansia Transmigran Asal Jawa di Jorong Taman Sari dan Jorong Koto Agung Kiri, Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak fix.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NUR AL A’LA HANDOKO, 1510812002. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Judul Skripsi: Kondisi Sosial Ekonomi dan Pola Penyantunan Yang Diterima Lansia Jawa. (Kasus Lansia Jawa di Jorong Taman Sari dan Jorong Koto Agung Kiri, Nagari Sungai Duo, Kecamatan Situng, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat) Pembimbing I, Dr. Alfan Miko M.Si dan Pembimbing II, Dr. Jendrius M.Si. Skripsi ini membahas tentang Kondisi Sosial Ekonomi dan Pola Penyantunan Yang Diterima Lansia Jawa. Tujuan pada penelitian ini yaitu 1). Mendeskripsikan Kondisi Sosial Ekonomi Lansia Pada Keluarga Jawa. 2). Mendeskripsikan Pola Penyantunan Yang Diterima Lansia Jawa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Stuktural Fungsional dari Robert K.Marton, sementara pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe survei deskriptif, responden dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Probability Sampling. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan kuesioner dan wawancara kepada Lansia Jawa di Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kondisi Sosial Ekonomi Lansia Pada Keluarga Jawa dilihat dari beberapa aspek yaitu:1) Aspek pendidikan, masih tergolong rendah karena dominan lansia hanya menamatkan tingkat pendidikan sampai SD. 2) Kondisi perumahan lansia tergolong layak. 3) Aspek pekerjaan, lansia di daerah ini dominan bekerja sebagai petani. 4) Aspek pendapatan, pendapatan lansia dalam penelitian ini kisaran Rp.2.000.000-Rp.2.400.000, pendapatan tersebut tergolong sedang. Selanjutnya untuk Pola Penyantunan Yang Diterima Lansia Jawa di dapatkan hasil yaitu: 1) Pola Penyantunan Lansia Jawa dalam penelitian ini adalah penyantunan lansia bisa dilakukan oleh semua anak karena mereka berhak tanggung jawab dan anak bersama-sama gotong royong menyantuni lansia baik itu secara ekonomi dan tempat tinggal, tapi yang paling penting dalam menyantuni lansia adalah anak yang lebih mampu dan lansia merasa nyaman tinggal bersamanya. 2) Pola Panyantunan Menurut Lansia dalam penelitian ini ialah dominan jawaban lansia, orang yang paling tepat menyantuni lansia adalah anak perempuannya, selanjutnya tempat tinggal terbaik ialah rumah sendiri, dan yang paling dibutuhkan lansia adalah perhatian lebih. 3) Pola Penyantunan Yang Diterima Lansia dalam penelitian ini didapatkan dari keluarga dan pemerintah. Pola penyantunan lansia dari keluarga seperti memberikan uang dan beras, sedangkan bentuk penyantunan lansia dari pemerintah seperti memberikan bantuan berupa uang tunai dan sembako.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Alfan Miko, M.Si
Uncontrolled Keywords: Struktural Fungsional,Kondisi Sosial Ekonomi,Penyantunan Lansia
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 27 Nov 2020 04:07
Last Modified: 27 Nov 2020 04:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65901

Actions (login required)

View Item View Item