Analisa Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT) Apoteker Pada Pasien Pneumonia Komunitas di Bagian Paru RSUP Dr. M. Djamil Padang

Rizky, Yuandi (2020) Analisa Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT) Apoteker Pada Pasien Pneumonia Komunitas di Bagian Paru RSUP Dr. M. Djamil Padang. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Skripsi Rizky Yuandi_1611012019 (COVER & ABSTRAK)).pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
Skripsi Rizky Yuandi_1611012019 (BAB 1) (2).pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
Skripsi Rizky Yuandi_1611012019 (KESIMPULAN DAN SARAN) (2).pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Skripsi Rizky Yuandi_1611012019 (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Skripsi Rizky Yuandi_1611012019 (FULL TEXT).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemantauan terapi obat merupakan salah satu bagian standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit yang merupakan tanggung jawab apoteker yang dalam upaya pendokumentasiannya melalui CPPT (Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi). Metode penulisan catatan perkembangan pasien berupa data subjektif, objektif, asesmen dan plan. Kesesuaian pengisian SOAP sangat penting karena merupakan sarana komunikasi, koordinasi atau kolaborasi antar profesi kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada pasien, sehingga dapat mencegah kesalahan dan pengulangan informasi, dan juga membantu profesi kesehatan dalam manajemen waktunya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kelengkapan dan ketepatan pengisian formulir CPPT serta sebagai masukan bagi rumah sakit dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kepada pasien. Metode penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan case study dan pengambilan data secara retrospektif dari rekam medis pasien pneumonia komunitas di bagian paru Rumah Sakit Dr. M. Djamil Padang selama tahun 2018. Dari penelitian ini didapatkan 31 kasus yang memenuhi kriteria inklusi dan hasil untuk analisa kelengkapan penulisan CPPT apoteker yaitu 7 CPPT (22,6%) yang ditulis dengan lengkap, dan 24 CPPT (77,4%) lainnya ditulis dengan tidak lengkap dengan kategori kelengkapan yang paling sering tidak dituliskan yaitu waktu penulisan CPPT. Sedangkan untuk hasil analisa ketepatan penulisan CPPT apoteker yaitu tidak ada CPPT (0%) yang ditulis dengan tepat dari 31 CPPT yang dianalisis. Faktor penyebab ketidaklengkapan dan ketidaktepatan pengisian CPPT apoteker adalah kurangnya jumlah apoteker yang menangani pasien dan belum adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) penulisan CPPT apoteker yang jelas dari rumah sakit itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. apt. Hansen Nasif, Sp. FRS
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 02 Dec 2020 07:46
Last Modified: 02 Dec 2020 07:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65866

Actions (login required)

View Item View Item