Evaluasi Penambahan Kapasitor Bank dan Pengaturan Tap Changer Untuk Perbaikan Profil Tegangan Listrik Feeder Banuaran Dengan Simulator Etap

Ricky, Frayedo (2020) Evaluasi Penambahan Kapasitor Bank dan Pengaturan Tap Changer Untuk Perbaikan Profil Tegangan Listrik Feeder Banuaran Dengan Simulator Etap. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB akhir (PenutupKesimpulan).pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya usaha di bidang industri dan rumah tangga di kota padang yang umumnya bersifat beban induktif, menyebabkan kebutuhan daya reaktif induktif meningkat. Meningkatnya daya reaktif induktif pada suatu sistem kelistrikan dapat mengakibatkan terjadinya drop tegangan. Salah satu feeder pada sistem kelistrikan kota padang yang mengalami drop tegangan di luar batas-batas yang diizinkan adalah feeder Banuaran di mana dari total 77 bus, sebanyak 23 bus mengalami drop tegangan.Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan profil tegangan listrik dengan menggunakan pemasangan kapasitor bank dan pengaturan tap changer. Pada pemasangan kapasitor bank setiap bus yang mengalami drop tegangan lebih dari 5% faktor dayanya akan dikompensasi menjadi 0,95. Setelah penambahan kapasitas kapasitor didapatkan penambahan nilai tegangan,dimana sebanyak 6 bus yang nilai tegangannya mencapai batas ideal tegangan (95%) dan sebanyak 17 bus tidak dapat mencapai persentase tersebut. . Hal ini disebabkan oleh nilai kenaikan faktor daya yang tidak begitu besar sehingga kenaikan nilai tegangan juga tidak begitu besar. Oleh karena itu,perbaikan profil tegangan dilanjutkan dengan cara penaikan Tap Trafo atau Tap Changer. Perbaikan profil tegangan menggunakan tap changer dilakukan dengan cara menaikkan tap changer trafo distribusi sebesar 2,5 % dan 5%. Setelah penaikan tap satu kali sebesar 2,5% dari tegangan nominalnya didapatkan sebanyak 18 bus sudah mencapai batas ideal tegangan(95%) dan 5 bus lainnya belum dapat mencapai persentase tersebut, ,maka dari itu perlu dilakukan penaikan tap sekali lagi hingga menjadi 5% dari tegangan nominalnya. Setelah penaikan tap dua kali (5%) dari tegangan nominalnya),profil tegangan pada 5 buah trafo yang sebelumnya masih berada pada keadaan under voltage ,sekarang sudah mengalami kenaikan tegangan dan mencapai batas yang ditentukan (95%). Dalam perbaikan profil tegangan didapatkan kesimpulan bahwa kapasitor bank dan tap changer sama-sama dapat digunakan untuk memperbaiki profil tegangan listrik,namun tap changer dapat menaikkan nilai tegangan lebih besar dari pada kapasitor bank.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Syafii, Ph.D
Uncontrolled Keywords: drop tegangan, kapasitor bank, tap changer
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:35
Last Modified: 27 Nov 2020 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65744

Actions (login required)

View Item View Item