Marketing Politik Mulyadi Pada Pemilihan Umum DPR-RI Tahun 2019 di Provinsi Sumatera Barat

Bismo, Ghifary (2020) Marketing Politik Mulyadi Pada Pemilihan Umum DPR-RI Tahun 2019 di Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover+Abstrak Bismo.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Skripsi Bismo WM (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Menjadi wakil rakyat tentunya menjadi hak seluruh individu di dalam masyarakat yang mampu memenangkan sebagian besar suara masyarakat untuk memilihnya. Proses tersebut berkaitan dengan marketing politik, dimana individu berupaya dalam memasarkan produk politiknya agar diketahui dan dipahami oleh masyarakat. Menurut Adman Nursal proses marketing politik itu ada tiga tahapan, Push marketing (bertatap muka langsung dengan masyarakat dengan memasarkan produk politiknya), Pull marketing (menggunakan media elektronik dan media cetak untuk memasarkan produk politiknya), dan Pass marketing (menggunakan orang ketiga dalam memasarkan produk politiknya seperti influencer, tokoh masyarakat dan juga kelompok yang berpengaruh).Kemudian faktor dari adanya perspektif Masyarakat Minangkabau dalam melihat seorang pemimpin yaitu 3T menjadi hal yang juga berpengaruh terhadap keberhasilan Mulyadi yang dinilai memilikinya. Hal inilah yang dinilai menjadi strategi dari Mulyadi dalam memenangkan pemilu DPR-RI 2019. Muncul asumsi dari peneliti bahwa Mulyadi sebagai incumben yang pernah menjabat sebagai anggota DPR-RI dua periode mampu menggunakan marketing politik dengan baiksehingga memperoleh suara tertinggi se-Sumatera Barat. Adapun tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis marketing politik dan dampak 3T terhadap kandidat dan pemilih yang dilakukan oleh Mulyadi dalam memperoleh suara terbanyak DPR-RI se sumbar tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mulyadi memang berhasil dalam memasarkan produk politik nya melalui marketing politik yang dilakukan. Namun hal yang juga berpengaruh besar dalam kemenangan Mulyadi memperoleh suara tertinggi yaitu faktor 3T (Takah,Tageh,Tokoh) yang muncul di kalangan Masyarakat Minangkabau sebagai standar pemimpin yang ideal. Marketing politik yang digunakan Mulyadi menjadi seimbang dengan adanya 3T karena dengan hal itu masyarakat menerima baik kedatangan dari Mulyadi sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs.Tamrin,M.Si
Uncontrolled Keywords: Marketing Politik, Perolehan Suara tertinggi, Takah,Tageh,Tokoh
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:08
Last Modified: 26 Nov 2020 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65641

Actions (login required)

View Item View Item