Pengaruh Temperatur Sintering terhadap Sifat Fisik dan Mekanik pada Produk Padat Biokeramik Hidroksiapatit

Yogi, Wiyanto (2020) Pengaruh Temperatur Sintering terhadap Sifat Fisik dan Mekanik pada Produk Padat Biokeramik Hidroksiapatit. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Final Yogi Upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hidroksiapatit (HA) merupakan salah satu biokeramik yang memiliki sifat biokompatibel, bioaktif dan bioresorbable dengan tulang dan gigi manusia sehingga potensial sebagai implan tulang. Akan tetapi, tingkat kekuatan yang rendah dan kerapuhan yang tinggi membatasi aplikasinya secara luas. Penggunaan hidroksiapatit berukuran nano membuat bioaktifitas menjadi lebih baik daripada penggunaan partikel yang lebih besar, tetapi biaya pembuatannya relatif mahal. Pencampuran partikel berukuran mikro dan nano dari hidroksiapatit diyakini dapat menanggulanginya. Namun, selain ukuran partikel, karakteristik fisik maupun mekanik dari produk padat biokeramik ini juga dipengaruhi oleh temperatur sintering. Oleh karena itu, temperatur sintering yang tepat akan menghasilkan karakteristik lebih baik dari produk biokeramik sebagai akibat dari pengaruh penggabungan ukuran partikel yang diamati pada penelitian ini. Variasi temperatur sintering 1000ºC, 1050ºC, 1100ºC, 1150ºC, dan 1200ºC digunakan pada proses sintering campuran partikel hidroksiapatit komersial berukuran 2,5 µm dan 200 nm dengan perbandingan komposisi 80:20% wt. Sedangkan karakteristik produk hidroksiapatit yang diamati adalah penyusutan linear, density, relative density, dan kekerasan vickers serta morfologinya. Hasil pengamatan mengindikasikan bahwa temperatur sintering 1200ºC merupakan temperatur yang memiliki karakteristik terbaik dari sisi penyusutan linear, density, relative density, dan kekerasan vickers. Dimana nilai density dan relative density yang diperoleh adalah 3,064 g/cm³ dan 97,1% berturut-turut. Sedangkan nilai kekerasan vickers dari produk mencapai 5,52 GPa. Selain itu, pengamatan morfologi sampel menunjukkan bahwa pada temperatur sintering 1200ºC terjadi pengurangan pori￾pori secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eng. H. Gunawarman
Uncontrolled Keywords: Temperatur Sintering, Hidroksiapatit (HA), Penyusutan Linear, Density, Relative Density, Kekerasan Vickers
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 02 Dec 2020 06:57
Last Modified: 02 Dec 2020 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65634

Actions (login required)

View Item View Item