IMPLEMENTASI HUKUMAN DISIPLIN TERHADAP NARAPIDANA YANG MELAKUKAN PELANGGARAN TATA TERTIB DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (Studi Di Lembaga Pemasyarakatan Klas Iib Solok)

Shania, Intan De Hutri (2020) IMPLEMENTASI HUKUMAN DISIPLIN TERHADAP NARAPIDANA YANG MELAKUKAN PELANGGARAN TATA TERTIB DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (Studi Di Lembaga Pemasyarakatan Klas Iib Solok). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga Pemasyarakatan merupakan tempat untuk melaksanakan pembinaan Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan. Mengenai pengaturan tata tertib, Lembaga Pemasyarakatan berpedoman pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara. Dalam praktiknya Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Solok sudah melaksanakan aturan tersebut namun belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, terjadinya over kapasitas yang menimbulkan beberapa masalah seperti sulitnya petugas dalam mengawasi perilaku narapidana dan jumlah narapidana yang tidak seimbang dengan jumlah petugas lapas. Selain itu kurangnya kesadaran narapidana dalam mematuhi aturan tata tertib dalam Lembaga Pemasyarakatan. Berdasarkan alasan diatas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut. Pertama, bagaimana bentuk pelanggaran tata tertib yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Solok. Kedua, bagaimana pelaksanaan hukuman disiplin terhadap narapidana yang melakukan pelanggaran tata tertib di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Solok. Ketiga, apa kendala yang dihadapai petugas Lembaga Pemasyarakatan dalam menanggulangi pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh narapidana dan upaya yang dilakukan oleh petugas Lembaga Pemasyarakatan dalam menanggulangi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, sifat penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen dan wawancara. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan. Pertama, bentuk pelanggaran di Lembaga Pemasyarkatan Klas IIB Solok dibagi menjadi tiga kelompok yaitu pelanggaran tata tertib tingkat ringan, sedang, dan berat. Kedua, penerapan hukaman disiplin terhadap narapidana yang melakukan tata tertib di Lembaga Pemasyarkatan Klas IIB Solok berupa hukuman disiplin tingkat ringan, sedang, dan berat. Namun dalam pelaksanaannya kurang terlaksana dengan baik. Ketiga, kendala yang dihadapi petugas dalam mengatasi pelanggaran tata tertib di Lembaga Pemasyarkatan Klas IIB Solok yaitu jumlah petugas penjagaan yang sedikit, kurangnya sarana dan prasarana, narapidana yang tidak mau mentaati aturan, sedangkan upaya dalam menanggulangi kendala yaitu melakukan sosialisasi kepada narapidana, menciptakan suasana kekeluargaan antara petugas dan narapidana, melakukan razia kamar sel dan memindahkan narapidana ke lapas lain yang ada di Sumatera Barat. Kata Kunci: Lembaga Pemasyarakatan, Pelanggaran, Tata tertib, Hukuman Disiplin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yandriza, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 22 Dec 2020 03:22
Last Modified: 22 Dec 2020 03:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65584

Actions (login required)

View Item View Item