Evaluasi Saluran Drainase Perumahan Lolong Belanti, Kota Padang Menggunakan Software Epa-Swmm V5.1 (Strom Water Management Model)

Fanji, Pratama (2020) Evaluasi Saluran Drainase Perumahan Lolong Belanti, Kota Padang Menggunakan Software Epa-Swmm V5.1 (Strom Water Management Model). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Banjir merupakan kejadian alam yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan kurangnya daerah resapan air. Padang tidak luput dari banjir. Tepat tanggal 10 september 2020, curah hujan yang cukup ting-gi dan durasi yang lama dimulai pada ± jam 2 malam dini hari, Lolong belanti merupakan salah satu daerah dikota padang yang ikut teren-dam oleh banjir. Lolong Belanti diapit oleh 2 saluran primer, pertama terhubung langsung ke laut dan kedua terhubung ke Batang Kuranji. Sejumlah titik di Kawasan Lolong Belanti terendam oleh banjir. Perbai-kan saluran drainase ada dilakukan namun tingkat curah hujan yang tinggi, saluran drainase tersebut masih ada yang tidak mampu menam-pung tingginya curah hujan. Maka dari itu adapun tujuan dari penelitian ini mengidentifikasi kondisi saluran drainase, menganalisa besarnya limpasan yang terjadi, dan kesesuaian jaringan drainase Ek-sisting yang ada, serta mesimulasikan jaringan drainasenya.Penelitian juga menimbang pengaruh pasang surut air laut terhadapt saluran pri-mer. Data curah hujan yang digunakan adalah stasiun Khatib Sulaim-an dengan jumlah data sebanyak 8 tahun lalu menggunakan metoda Peak Over Threshold(POT), metoda Arimatik stasiun Tabing dan Parak Kopi dengan jumlah data 18 tahun, dan stasiun Bandara berjumlah 10 tahun. Penelitian menggunakan data periode ulang yang berkisar pada 2,5,10, dan 20 tahun. Dengan luas area penelitian sebesar 87,8 Ha. An-alisa distribusi juga dilakukan dengan program AProb_41 untuk curah hujan Khatib Sulaiman didapatkan 2 metoda distribusi yang lolos uji kecocokan yaitu Log Pearson Type-III dan Log Normal. dan juga Ana-lisa distribusi secara manual dengan excel dari 4 data curah hujan me-makai semua data distribusi Log Pearson Type-III yang telah di uji kecocokan distribusinya. Rekapitulasi data intensitas curah hujan dan Alternating Block Method diambil yang maksimum yakni 20 Tahun. Terdapat 2 buah Outfall pada penelitian ini : arah utara keluar bebas (Free) menuju Batang Kuranji , dan arah selatan yang berhubungan langsung dengan laut (Fixed). Dalam Permodelan Software EPA-SWMM v5.1 dapat dilihat bahwa Metoda Partial Duration Series (Metode POT) yang mengambil data Pos Stasiun Khatib Sulaiman memiliki 31 Titik Banjir dan Total Volume Maximum Banjir berada pada Junction I42 sebesar 4.12 Liter atau 4120 m3, sedangkan Metode Annual Maximum Series yang mengambil data Pos Stasiun Parak Kopi memiliki 36 Titik Banjir lebih banyak dari Metode POT, dengan Total Volume Maximum Banjir berada pada Junction I66 15.825 Liter atau 15825 m3. Dalam menganalisis kondisi banjir yang terjadi diberbagai titik lokasi penelitian, maka diperlukan perubahan dimensi saluran drainase Existing yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Nurhamidah,M.T,M.Eng,Sc.
Uncontrolled Keywords: Banjir, Saluran Primer, Metoda POT, AProb_41, Software EPA-SWMM v5.1
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:52
Last Modified: 27 Nov 2020 03:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65568

Actions (login required)

View Item View Item