POLA PENGASUHAN DAN ENKULTURASI PADA ANAK BINAAN PANTI ASUHAN (Studi Kasus : Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai, Gurun Laweh, Kota Padang)

Bayu, Febri Nastira (2020) POLA PENGASUHAN DAN ENKULTURASI PADA ANAK BINAAN PANTI ASUHAN (Studi Kasus : Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai, Gurun Laweh, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Upload cover-abstrack.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
upload bab 1.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
upload bab 5.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
upload daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
upload-full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita pola perilaku anak yang didapatkan melalui pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua. Anak yang diasuh dalam lingkungan keluarga lebih sering terekspos melakukan perilaku menyimpang khususnya di Kota Padang yang mayoritas dihuni oleh masyarakat Minangkabau, dibandingkan anak yang diasuh dalam ruang lingkup panti asuhan yang jarang sekali terekspos melakukan kegiatan-kegiatan yang bertolak belakang dengan nilai-nilai dan norma yang ada pada masyarakat. Adapun yang ingn diketahui dari penelitian ini yaitu, bagaimana proses dan enkulturasi nilai serta pola asuh yang diterapkan di dalam ruang lingkup panti asuhan selaku pengganti fungsi-fungsi dari lembaga keluarga, dalam penelitian ini adalah Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai, Gurun Laweh, Kota Padang. Tipe penelitian ini bersifat studi kasus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini, nama informan disamarkan bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan melindungi privasi dalam etika penelitian sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapatnya cara pola pengasuhan terstruktur yang diterapkan oleh pihak panti asuhan. Selanjutnya penelitian ini mengungkapkan keseharian anak asuh dididik dan diasuh oleh para pengurus dan pengasuh di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai. Penelitian ini juga berusaha menjelaskan bagaimana proses penanaman nilai dan enkulturasi yang didapatkan oleh anak asuh melalui pola pengasuhan dan rutinitas formal/informal yang dijalani oleh anak asuh selama berada dalam pengasuhan dan pengawasan panti asuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Edi Indrizal, M.Si
Uncontrolled Keywords: pola asuh, enkulturasi, anak, panti asuhan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:35
Last Modified: 26 Nov 2020 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65535

Actions (login required)

View Item View Item