PELAKSANAAN BEBAS BERSYARAT SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN NARAPIDANA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 1995 TENTANG PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA PADANG

Dini, Busra (2020) PELAKSANAAN BEBAS BERSYARAT SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN NARAPIDANA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 1995 TENTANG PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pola pembinaan dalam sistem pemasyarakatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dilakukan secara bertahap sampai pada upaya pengintegrasian narapidana ke masyarakat melalui program bebas bersyarat yang terdiri dari Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Menjelang Bebas (CMB), dan Cuti Bersyarat (CB). Peranan bebas bersyarat dalam system pemasyarakatan dimaksudkan untuk mengintegrasikan narapidana bergaul dengan masyarakat dan latihan hidup bermasyarakat guna bisa diterima kembali sebagai bagian dari anggota masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) Apakah dasar pertimbangan pemberian bebas bersyarat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang? 2) Bagaimanakah pelaksanaan bebas bersyarat sebagai kegiatan pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang? 3) Kendala-kendala apakah yang ditemui dalam pelaksanaan program bebas bersyarat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang?. Pembahasan kajian terhadap bebas bersyarat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang dilakukan dengan metode penelitian hukum empiris. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data sekunder sebagai data utama dan didukung data primer. Data tersebut dikumpulkan melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Data yang didapat kemudian dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif analitis.Pelaksanaan bebas bersyarat sebagai upaya pembinaan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang didasarkan pada ketentuan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 03 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat. Merujuk pada aturan tersebut Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang menjalankan program bebas bersyarat dengan sistem tata kelola administrasi yang ditujukan untuk mengoptimalkan pelaksanaan program bebas bersyarat. Dari kajian tersebut pelaksanaan program bebas bersyarat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang ditemukan beberapa kendala yang meliputi kendala dalam sistem administrasi hukum dan kendala dari sisi narapidana itu sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Fadillah Sabri,S.H.,M.H
Uncontrolled Keywords: Bebas Bersyarat, Pembinaan, Lembaga Pemasyarakatan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu hukum
Date Deposited: 12 Jul 2021 06:51
Last Modified: 12 Jul 2021 06:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65477

Actions (login required)

View Item View Item