FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) OLEH REMAJA DI SMK N 7 PADANG TAHUN 2020

Suci, Desirman Pratiwi (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) OLEH REMAJA DI SMK N 7 PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN-dikonversi.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB 6 KESIMPULAN SARAN-dikonversi.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi full_Suci Desirman_1611211012-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan survei PKBI, 94,55% dari total responden menyatakan butuh layanan kespro. Namun pemanfaatan layanan kespro remaja di Indonesia masih tergolong rendah (23,4%). Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dan faktor yang paling berhubungan dengan pemanfaatan PIK-R oleh remaja di SMK N 7 Padang. Metode:Penelitian ini merupakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah siswa kelas XI dan XII SMK N 7 Padang, dengan jumlah sampel sebanyak 86 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Samplingdengan cara purposive samplingPengambilan data menggunakan angket. Analisis data meliputi univariat, bivariat dan multivariat. Hasil:Dari seluruh reponden terlihat, 54,7%belum memanfaatkan PIK-R, 58,1% dengan tingkat pengetahuan rendah, 50% dengan sikap negatif, 51,2% dengan motivasi rendah, 76,7% menyatakan dukungan guru rendah, 51,2% menyatakan dukungan teman sebaya rendah. Hasil analisis bivariat menyatakan adanya hubungan yang signifikan dengan tingkat pengetahuan p=0,023, sikap p=0,001, motivasi p=0,054, dukungan guru p=0,023 dan dukungan teman sebaya p=0,001. Hasil analisis multivariat di dapatkan faktor yang paling berhubungan dengan pemanfaatan PIK-R adalah variabel sikap. Kesimpulan:Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel tingkat pengetahuan, sikap, dukungan guru serta dukungan teman sebaya dengan pemanfaatan PIK-R oleh remaja dengan variabel yang paling mempengaruhi yaitu sikap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, MKM
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan PIK-R, Remaja, Tingkat pengetahuan, sikap, dukungan guru, dukungan teman sebaya.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 25 Nov 2020 07:57
Last Modified: 25 Nov 2020 07:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65461

Actions (login required)

View Item View Item