Tinjauan Analisis Makroplastik Dan Mikroplastik Pada Ikan Laut Dan Ikan Perairan Menggunakan Metode Fourier Transform Infrared Spectrofotometry (FTIR)

Rianda, Nabyla (2020) Tinjauan Analisis Makroplastik Dan Mikroplastik Pada Ikan Laut Dan Ikan Perairan Menggunakan Metode Fourier Transform Infrared Spectrofotometry (FTIR). Diploma thesis, University of Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[img] Text (bab 4 (Kesimpulan&saran))
BAB 4.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Mikroplastik merupakan partikel plastik yang memiliki diameter sekitar 5 μm. Batas bawah ukuran partikel yang termasuk dalam kelompok mikroplastik belum ditentukan secara pasti, namun sebagian besar penelitian mengambil objek partikel dengan ukuran minimal 330μm3. Pada review artikel ini membahas tentang jenis-jenis makroplastik dan karakteristik polimer mikroplastik yang terdapat pada ikan laut dan ikan air dengan menggunakan metode FTIR. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur ilmiah terkait penelitian mikroplastik dengan menggunakan metode FTIR. Metode kerja menggunakan studi pustaka dengan mencari sumber atau literatur berupa data primer berupa buku resmi dan jurnal internasional dalam 10 tahun terakhir (2010-2020). Hasil yang diperoleh adalah polimer yang terdapat pada polietilen, poliester, polipropilen, PVC, polietilen tereftalat, dan polistiren. Kesimpulan: Metode analitik keseluruhan untuk mengidentifikasi karakteristik polimer mikroplastik dengan menggunakan FTIR, karena FTIR memiliki keunggulan dapat digunakan pada semua frekuensi sumber cahaya, sehingga analisis menjadi lebih cepat, sensitivitas FTIR 80-200 kali lebih tinggi dibandingkan instrumen dispersi standar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Apt. Fitriani Armin, M.Si
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:52
Last Modified: 15 Nov 2022 03:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65368

Actions (login required)

View Item View Item