PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PRODUKSI PADA PT KUNANGO JANTAN

Wildan, Hanana (2020) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PRODUKSI PADA PT KUNANGO JANTAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
11_BAB I.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
16_BAB VI.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img] Text
Full TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

PT Kunango Jantan merupakan salah satu perusahaan yang ada dalam kelompok industri barang logam siap pasang yang menghasilkan produk yang terbuat dari bahan baku baja dan semen. Perusahaan ini menyediakan,memproses dan mendistribusikan produk dari plat baja dan beton siap pakai untuk industri konstruksi, kelistrikan, pertambangan, telekomunikasi dan perhubungan. Perusahaan memiliki total 27 mesin dan menghasilkan sekitar 15 produk. Dalam kurun waktu 1 bulan, perusahaan ini memiliki permintaan hingga 25155 unit yang terdiri dari jenis produk yang berbeda. Banyaknya jumlah mesin serta jenis produk yang dibuat mengakibatkan banyaknya data serta laporan produksi yang harus dibuat, sehingga sering terjadi human error yang mengakibatkan adanya deviasi antara data yang ada pada laporan dengan kondisi yang sebenarnya. Aliran informasi antar divisi yang menggunakan alat komunikasi menyulitkan proses pengambilan keputusan. Sistem produksi job shop yang digunakan oleh perusahaan mengakibatkan penjadwalan produksi sulit dilakukan. Kesulitan dalam mengatur jadwal produksi mengakibatkan terjadinya penumpukan pekerjaan (work in progress inventory) serta keterlambatan pengiriman produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem informasi yang mampu mengintegrasikan data dari beberapa divisi yang saling berhubungan serta mampu untuk memudahkan penjadwalan produksi dan menentukan due date untuk masing-masing pesanan yang masuk ke perusahaan.Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan yaitu Software Development Life Cycle Methodology. Tahapan perancangan diawali dengan menganalisis kebutuhan sistem melalui wawancara dan observasi. Kemudian dilanjutkan dengan membuat desain sistem dengan menggunakan beberapa diagram UML diantaranya yaitu ERD, Use Case, dan Activity Diagram. Pada tahapan pemrograman menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Verifikasi dan validasi dilakukan terhadap rancangan sistem untuk mengetahui kesesuaian sistem dengan kebutuhan pengguna. Rancangan sistem yang dihasilkan adalah sebuah sistem informasi berbasis web yang menggunakan DBMS MySQL sebagai penyimpanan data.Seluruh data dari masing-masing divisi disimpan pada satu database yang memungkinkan adanya integrasi data antar divisi. Sistem juga mampu memberikan keluaran berupa jadwal produksi dan jadwal pesanan menggunakan algoritma non delay mesin majemuk. Kemajuan persentase pengerjaan pesanan akan dihitung oleh sistem untuk mempermudah pengguna untuk mengevaluasi kemajuan suatu pesanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Alexie Herryandie Bronto Adi
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Software Development Life Cycle Methodology, Penjadwalan Produksi, Algoritma Non Delay, Entity Relationship Diagram, Use Case Diagram, Activity Diagram.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:43
Last Modified: 26 Nov 2020 04:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65350

Actions (login required)

View Item View Item