IDENTIFIKASI PENCEMARAN TANAH LAPISAN ATAS BERDASARKAN NILAI SUSEPTIBILITAS MAGNETIK PADA ZONA PENGGUNAAN LAHAN BERBEDA DI KOTA PADANG

Nining, Jumianti (2020) IDENTIFIKASI PENCEMARAN TANAH LAPISAN ATAS BERDASARKAN NILAI SUSEPTIBILITAS MAGNETIK PADA ZONA PENGGUNAAN LAHAN BERBEDA DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
Skripsi_Nining Jumianti_Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
Skripsi_Nining Jumianti_Penutup.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Skripsi_Nining Jumianti_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi_Nining Jumianti_Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Skripsi_Nining Jumianti_Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Pengukuran nilai suseptibilitas magnetik tanah lapisan atas pada lima zona penggunaan lahan berbeda di Kota Padang telah dilakukan. Sampel tanah lapisan atas diambil pada zona industri, ekonomi & bisnis, perumahan, pertanian dan tepi jalan di Kota Padang. Sampel tanah diambil pada kedalaman 10 cm dari permukaan tanah sebanyak 136 titik. Hasil pengukuran suseptibilitas magnetik menunjukkan nilai berkisar antara 16,88×10-8 m3kg-1 hingga 1031,40×10-8 m3kg-1. Berdasarkan nilai suseptibilitas magnetik daerah penelitian telah mengalami pencemaran dari kategori tercemar rendah hingga tercemar sangat tinggi. Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan, zona ekonomi & bisnis memiliki nilai suseptibilitas magnetik rata-rata paling tinggi 490,15×10-8 m3kg-1. Oleh karenanya, zona ini merupakan zona yang diperkirakan paling tercemar oleh logam berat. Sementara zona pertanian, didapatkan memiliki nilai rata-rata suseptibilitas magnetik paling rendah 92,69×10-8 m3kg-1, sehingga tercemar oleh logam berat juga rendah. Nilai suseptibilitas magnetik rata-rata pada semua zona kecuali zona pertanian lebih tinggi daripada sampel pembanding yang menunjukkan bahwa pada daerah penelitian terjadi pencemaran akibat aktivitas manusia (antropogenik). Urutan tingkat pencemaran tanah lapisan atas Kota Padang berdasarkan nilai suseptibilitas magnetik adalah zona ekonomi & bisnis > tepi jalan > perumahan > industri > pertanian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Afdal, M.Si
Uncontrolled Keywords: pencemaran tanah, suseptibilitas magnetik, tanah lapisan atas
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:03
Last Modified: 26 Nov 2020 03:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65339

Actions (login required)

View Item View Item