MONITORING DAN PENGENDALIAN MEDIA TANAM TANAMAN BAWANG MERAH Allium ascalonicum L.) TERHADAP pH DAN KELEMBABAN TANAH BERBASIS KOMUNIKASI INTERNET OF THINGS

Ardia, Fadlilah (2020) MONITORING DAN PENGENDALIAN MEDIA TANAM TANAMAN BAWANG MERAH Allium ascalonicum L.) TERHADAP pH DAN KELEMBABAN TANAH BERBASIS KOMUNIKASI INTERNET OF THINGS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK COVER.pdf - Published Version

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (658kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI ARDIA FADLILAH FULL watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bawang merah merupakan salah satu jenis sayuran unggulan yang memiliki tingkat permintaan yang cukup tinggi. Menurut survei yang dilakukan oleh Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) didapatkan bahwa konsumsi bawang merah untuk kebutuhan rumah tangga terus meningkat dari tahun 2014 – 2018. Melihat dari banyaknya permintaan masyarakat, bawang merah harus memiliki produktivitas yang tinggi agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Agar pertumbuhan bawang merah menjadi lebih baik, dibutuhkan pengontrolan terhadap kondisi tanah yang ditumbuhi bawang merah. Oleh karena itu dibuatlah sistem pengontrolan sekaligus monitoring tanah secara otomatis berdasarkan pH dan kelembaban tanah berbasis komunikasi IoT. Sistem ini menggunakan Arduino mega2560 sebagai mikrokontroler, sensor kelembaban tanah untuk mengukur nilai kelembaban tanah, sensor pH untuk mengukur nilai pH tanah, dan RTC sebagai indikator waktu pengontrolan tanah. Terdapat tiga pengontrolan dalam sistem ini, yaitu pengontrolan pH tanah, pengontrolan pemupukan dan pengontrolan penyiraman. Sistem ini menggunakan pompa DC untuk memompa air yang ingin disiramkan dan sensor waterflow untuk mengukur volume air yang telah dipompakan. Kemudian data kelembaban, pH dan nilai volume air akan dikirimkan ke database menggunakan modul ESP8266 kemudian dapat dilihat menggunakan smartphone. Sistem kontrol dan monitoring tanah berdasarkan pH dan kelembaban tanah berbasis internet of thing yang dibuat berhasil berjalan sesuai fungsinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mohammad Hafiz Hersyah, M.T
Uncontrolled Keywords: Kelembaban Tanah, Monitoring, pH Tanah, RTC, Sensor, Waterflow Sensor
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:44
Last Modified: 26 Nov 2020 07:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65320

Actions (login required)

View Item View Item