Kerjasama Pemerintahan Nagari Dengan Perantau Dalam Pembangunan Nagari Sulik Air Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok

Ridho, Yoliandri (2020) Kerjasama Pemerintahan Nagari Dengan Perantau Dalam Pembangunan Nagari Sulik Air Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. Cover abstrak.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Oendahuluan)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab Akhir)
3. Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
5. Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ridho Yoliandri, No. BP 1610842020, Kerjasama Pemerintahan Nagari Dengan Perantau Dalam Pembangunan Nagari Sulik Air Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2020. Dibimbing Oleh: Dr Hendri Koeswara, S.IP,M. Soc. Sc dan Dr. Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM. Skripsi ini terdiri dari 163 halaman dengan referensi 14 buku teori, 3 buku metode, 20 jurnal, 2 skripsi, 1 disertasi 1 modul, 1 artikel, 4 peraturan, dan 4 website. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan kerjasama Pemerintahan Nagari Dengan Perantau Dalam pembangunan Nagari Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan perantau di Sumatera Barat yang memiliki andil sangat besar dalam pembangunan nagari, salah satunya nagari Sulit Air yang memiliki jumlah perantau yang cukup banyak dan memiliki organisasi perantau dengan nama Sulit Air Sepakat (SAS) sehingga menjadi salah satu nagari binaan rantau yang melakukan kerjasama dengan perantau. Namun dalam pelaksanaann kerjasama Pemerintahan Nagari Sulit Air dan perantau masih terdapat permasalahan. Penelitian ini menggunakan teori menurut Masudi yang terdiri pendekatan proses inisiasi, pendekatan area kerjasama, pendekatan pengorganisasian kerjasama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi penegasan kesimpulan data. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian tentang Kerjasama Pemerintahan Nagari Dengan Perantau Dalam Pembangunan Nagari Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok dalam pelaksanaannya belum terlaksana secara keseluruhan. Pada proses inisiasi kerjasama telah dilaksanakan dengan baik, mulai dari awal terjadinya kerjasama hingga aktor yang terlibat dan relasi antar aktor. Pada area kerjasama juga terlaksana dengan baik dengan adanya penyampaian rencana kerja tetapi bidang yang dikerjasamakan belum bisa dikembangkan. Dan pada pengorganisasian kerjasama tidak terdapat badan atau dibentuknya suatu badan yang diberikan wewenang untuk melaksanakan kerjasama ini. Tangung jawab pihak kerjasama masih tinggi tetapi komitmen antar pihak berkurang dari awal terjadinya kerjasama hal ini disebabkan salah satunya karena susahnya penyelesaian permasalahan pembebasan lahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Hendri Koeswara, S.IP, M. Soc, Sc
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Pemerintahan Nagari Sulit Air, Perantau
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 24 Nov 2020 07:55
Last Modified: 24 Nov 2020 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65113

Actions (login required)

View Item View Item