Analisis Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi Apoteker pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Geriatri Rawat Inap di Bagian Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang

Firza, Oktaviani (2020) Analisis Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi Apoteker pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Geriatri Rawat Inap di Bagian Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Kesimpulan dan Saran))
BAB AKHIR (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT) merupakan dokumentasi yang dilakukan oleh para profesional pelayanan kesehatan tentang perkembangan kondisi pasien dalam bentuk terintegrasi pada format baku dalam rekam medis pasien dengan menggunakan metode SOAP (Subjective, Objective, Assessment, Plan). Penulisan data CPPT yang tidak lengkap dan tidak tepat dapat memengaruhi kualitas perawatan yang diberikan kepada pasien, sehingga akan memengaruhi hasil terapi pada pengobatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kelengkapan penulisan CPPT yang ditulis oleh Apoteker pada pasien diabetes mellitus tipe 2 geriatri rawat inap di bagian penyakit dalam dan menganalisa ketepatan penulisan CPPT Apoteker pada pasien diabetes mellitus tipe 2 geriatri rawat inap di bagian penyakit dalam RSUP Dr. M.Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (Case Study) menggunakan data retrospektif . Kriteria inklusi pada penelitian ini yaitu rekam medis pasien diabetes mellitus tipe 2 yang berumur ≥ 60 tahun yang terdapat CPPT yang ditulis oleh apoteker dan tidak memiliki lebih dari 5 penyakit penyerta yang didiagnosa. Rekam medis yang memenuhi kriteria inklusi sebagai subjek penelitian yaitu sebanyak 32 kasus. Dari penelitian ini didapatkan hasil analisis kelengkapan penulisan CPPT apoteker yaitu sebanyak 25 CPPT (78,12%) yang ditulis dengan lengkap dari 32 CPPT yang dianalisis dan hasil analisis ketepatan penulisan CPPT apoteker yaitu tidak ada CPPT (0%) yang ditulis dengan tepat dari 32 CPPT yang dianalisis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 25 Nov 2020 07:11
Last Modified: 25 Nov 2020 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65098

Actions (login required)

View Item View Item